Kemenkes Beberkan 13 Penyakit Penyebab Meninggalnya Anggota KPPS, Apa Saja?

Ils kpps meninggal
Ils kpps meninggal

ruber — Kementerian Kesehatan membeberkan 13 jenis penyakit pemicu meninggalnya petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di 15 provinsi.

Dilansir antaranews.com, Kementerian Kesehatan telah melakukan siaran pers di Jakarta, Ahad (13/5/2019).

Ke-13 penyakit tersebut adalah infarct myocard, gagal jantung, koma hepatikum, stroke, respiratory failure, hipertensi emergency, meningitis, sepsis, asma, diabetes melitus, gagal ginjal, TBC, dan kegagalan multiorgan.

Selain dipicu 13 jenis penyakit itu, ada pula petugas KPPS yang meninggal karena kecelakaan.

Sebelumnya, pihak Kemenkes pun telah melakukan investigasi atas kasus kecelakaan tersebut.

Sementara itu, Dinas Kesehatan di 15 provinsi melaporkan bahwa anggota KPPS yang meninggal ada pada rentang usia 50-59 tahun.

Baca juga:  Prabowo Minta Pendukungnya Sabar, Hentikan Unjuk Rasa dan Pulang

Korban terbanyak terdapat di Jawa Barat, yakni 131 jiwa. Sedangkan paling sedikit, dari 15 provinsi ini, yakni di Bali dan Sulawesi Utara, sebanyak 2 jiwa. Sedangkan di Gorontalo tak ada anggota KPPS yang meninggal.

Secara rinci, jumlah korban meninggal di DKI Jakarta sebanyak 22 jiwa, Jawa Tengah 44 jiwa, Jawa Timur 60 jiwa, Banten 16 jiwa, Bengkulu 7 jiwa, Kepulauan Riau 3 jiwa, Bali 2 jiwa, Kalimantan Selatan 8 jiwa, Kalimantan Tengah 3 jiwa, Kalimantan Timur 7 jiwa, Sulawesi Tenggara 6 jiwa, dan Kalimantan Selatan 66 jiwa.

Untuk perbaikan penyelenggaraan di masa mendatang, Sekretaris Jenderal Kemenkes Oscar Primadi menyebutkan, tingginya intensitas kerja petugas KPPS perlu dikaji ulang.

“Hal ini nanti akan kita bahas bersama KPU,” sebut dia.

Baca juga:  Aliff Alli Terinfeksi Covid-19, Kondisinya Memburuk

Ke depannya, tambah Oscar, penyelenggara pemilu yang dipekerjakan harus memiliki kondisi kesehatan yang baik, dengan lingkungan kerja yang sehat.

“Ritme kerja KPPS juga harus diatur secara tepat, sehingga tidak berdampak buruk pada kesehatan,” tandasnya. red

 

SUMBER: antaranews.com