1448 Peserta Paket B dan C di Sumedang Siap Ikuti UNBK

  • Bagikan
Img
KEPALA Bidang PAUD dan Dikmas Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang Arifin. dodi/ruang berita

SUMEDANG, ruber — Sebanyak 1448 peserta akan mengikuti kegiatan Ujian Nasiomal Berbasis Komputer (UNBK) Paket B dan Paket C di wilayah Kabupaten Sumedang pada April 2019.

BACA JUGA: Tahun Ini, Peserta Ujian Nasional di Sumedang Naik 11%

Kepala Bidang PAUD dan Dikmas Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang Arifin mengatakan, 1448 peserta yang akan mengikuti UNBK tersebut terdiri dari Paket B 319 orang dan Paket C 1169 orang.

“Alhamdulilah untuk Paket B dan C semuanya bisa melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer dan tidak ada yang melaksanakan Ujian Nasional dengan Kertas dan Pencil (UNKP)” terang Arifin, Jumat (22/3/2019).

Arifin menyebutkan, dari total 72 PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) yang ada di Kabupaten Sumedang, sebanyak 39 PKBM melaksanakan UNBK.

“Sisanya karena tidak memiliki siswa kelas 3 jadi tak bisa mengikuti kegiatan ujian nasional,” terang Arifin.

Arifin menjelaskan, guna memudahkan para peserta dalam mengikuti kegiatan UNBK maka dalam pelaksanaannya dibagi dalam 3 zona.

Yaitu wilayah Tanjungsari mencakup PKBM yang ada di wilayah barat, zona kota dan zona Darmaraja bagi PKBM yang berada di wilayah timur.

Untuk sarana prasarana komputer, lanjut Arifin, pihak PKBM bekerjasama dengam instansi yang memiliki peralatan tersebut.

Misalnya, zona Tanjungsari kerjasama dengan SMK PPN Tanjungdari, SMAN Tanjungsari dan SMK Pasundan.

Zona kota di SMKN 1, 2 Sumedang, SMK Informatika SMK Patriot dan SMK PGRI.

Sedangkan zona Darmaraja dilaksanakan di SMAN Darmaraja dam SMKN Situraja.

“Untuk ijazah paket B dan C ini setara dengan ijazah yang dikeluarkan oleh sekolah umum. Misal, untuk pemegang ijazah paket C yang bersangkutan bisa meneruskan kuliah,” ujarnya. dodi

KEPALA Bidang PAUD dan Dikmas Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang Arifin. dodi/ruang berita
loading…


  • Bagikan