Waspada Penipu Mengaku dari Akulaku, Nomor 081218328185 Salah Satunya

Waspada Penipu Mengaku dari Akulaku, Nomor 081218328185 Salah Satunya
Foto from Pixabay

GADTECH, ruber.id – Akulaku adalah platform finansial yang telah menjadi bagian penting dari kehidupan sehari-hari banyak orang. Namun, di balik kepopulerannya, muncul ancaman dari nomor penipu yang mengaku berasal dari Akulaku.

Salah satu penipu yang kerap menteror nasabah Akulaku yakni nomor WhatsApp: 081218328185, yang mengaku bermama Rian Kurniawan dari Akulaku.

Selain mengaku dari Akulaku, akun WhatsApp bernama Rian K ini juga kerap mengaku dari Shoppe.

Bagi Anda yang juga menerima teror dari nomor tersebut, Anda tidak perlu panik, cukup mengabaikannya dan blokir nomor tersebut.

Salah seorang warga Kota Bandung berinisial R, mengaku pernah diteror pelaku dengan nomor tersebut.

“Saya memang pernah meminjam uang di Akulaku, tapi waktu itu bayarnya lancar, sudah lunas juga. Tapi tiba-tiba kemarin-kemarin ada nomor 081218328185 di WhatsApp memghubungi. Katanya saya menunggak pinjaman di Akulaku,” ucap R kepada ruber.id, Selasa, 14 November 2023.

Baca juga:  Cara Mengetahui Siapa Saja yang Melihat Foto Profil WhatsApp Kita

Selain menagih, kata R, nomor tidak dikenal tersebut juga mengancam dengan berbagai cara hingga mengaku akan mendatangi R ke rumah atau tempat kerjanya.

“Iya, WhatsApp penagihannya juga gak sopan. Kalau dari Akulaku resmi itu kan akun WhatsApp Bisnis-nya pasti muncul langsung tulisan Akulaku bercentang biru, ini mah nomornya juga tidak dikenal dan dari kontaknya terdeteksi bernama Rian K,” jelas R.

R berharap, pihak berwajib dan pihak terkait lainnya segera menindak nomor dan pemilik nomor tersebut. Karena dipastikan, bukan hanya R yang menjadi korban pelaku.

“Pastinya sudah banyak korban dari nomor tersebut. Jadi kami berharap pihak berwajib segera memblokir nomor tersebut dan menindak orangnya secara hukum. Karena, kalau korbannya tidak tahu, terus orangnya panikan itu pasti langsung ke makan tipuan dari pelakunya,” ucap R.

Baca juga:  Daftar Hape yang Tidak Bisa Lagi Menggunakan WhatsApp

Bagi kalian yang mengalami hal yang sama, harap cek and ricek kembali terkait provider layanan dan keaslian dari nomor tersebut.

Berikut ini, adalah tips menghindari penipuan serupa seperti dikutip ruber.id dari berbagai sumber.

Cara Penipu Beroperasi

Nomor penipu sering kali menggunakan berbagai taktik, seperti mengirim pesan teks atau melakukan panggilan, untuk mengelabui pengguna.

Mereka mungkin mengancam atau mengiming-imingi hadiah palsu guna mencuri informasi pribadi atau data keuangan.

Identifikasi Nomor Penipu

Penting untuk memahami cara mengenali nomor penipu. Akulaku sendiri, tidak akan pernah meminta informasi sensitif melalui pesan teks atau panggilan telefonis.

Jika menerima permintaan semacam itu, sebaiknya verifikasi keasliannya melalui saluran resmi Akulaku.

Tindakan Pencegahan

Tidak memberikan informasi pribadi, atau keuangan melalui pesan teks atau panggilan telefonis yang mencurigakan.

Baca juga:  Kontak WhatsApp Hilang, Ini Cara Mengembalikannya

Memverifikasi setiap komunikasi dengan Akulaku,melalui saluran resmi, seperti situs web atau aplikasi resmi.

Menggunakan fitur keamanan, seperti verifikasi dua langkah, untuk melindungi akun Akulaku.

Melaporkan Nomor Penipu

Penting untuk melaporkan nomor penipu ke pihak berwenang dan Akulaku.

Hal ini, membantu dalam penanganan cepat serta perlindungan pengguna lainnya dari ancaman serupa.

Edukasi Masyarakat

Upaya edukasi masyarakat, perlu ditingkatkan untuk meningkatkan kesadaran tentang modus operandi penipu dan cara melindungi diri dari ancaman online.

Waspadalah!

Waspada terhadap nomor penipu yang mengaku-ngaku dari Akulaku atau penyedia jasa keuangan lainnya, merupakan langkah penting untuk melindungi diri dan informasi pribadi.

Dengan mengenali taktik penipuan, melakukan tindakan pencegahan, dan melaporkan kejadian, pengguna dapat berkontribusi pada keamanan bersama di dunia digital.