Warga Terdampak Longsor Ciherang Bisa Mengungsi ke Mes Polres Sumedang

Warga Terdampak Longsor Ciherang Bisa Mengungsi ke Mes Polres Sumedang

BERITA SUMEDANG, ruber.id – Warga terdampak longsor di Dusun Haur Koneng, Desa Ciherang, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang bisa mengungsi untuk sementara waktu ke Mes Polres Sumedang.

Itu disampaikan kapolres Sumedang saat meninjau longsor sekaligus memberikan bantuan kepada warga terdampak, Kamis, 12 Mei 2022.

“Karena, kalau tetap tinggal di lokasi yang rawan longsor akan sangat berisiko, terlebih saat ini intensitas hujan di Sumedang masih tinggi.”

“Jadi tadi Pak kapolres menganjurkan korban untuk mengungsi sementara ke Mes Polres Sumedang,” ungkap Kasi Humas Polres Sumedang AKP Dedi Juhana, Kamis sore.

Dedi menjelaskan, longsor yang terjadi Kamis dini hari tersebut menyebabkan rumah Asep Suprihat ambruk.

Baca juga:  Realisasi Pencairan Insentif Nakes Covid-19 di Sumedang Masih Kecil

Selain itu, sejumlah rumah lainnya juga terancam longsor susulan.

“Penyebab longsor karena struktur tanah yang labil dan tingginya curah hujan. Sehingga, menyebabkan tembok penahan tanah (TPT) setinggi kurang lebih 17 meter dan lebar 15 meter mengalami longsor dan merusak sebagian rumah Asep serta material longsoran menutup akses jalan,” ucapnya.

Longsor Terus Terjadi di Sumedang

Dedi menyebutkan, permasalahan seperti ini berulang kali terjadi di Sumedang dengan kontur tanah yang gembur. Dengan musim hujan selalu terjadi longsor, hal ini tidak bisa dipecahkan oleh satu instansi. Namun, harus lintas sektoral.

“Karena itu, kami dari kepolisian, tentunya, sebagai langkah awal untuk pengamanan agar jalur ini tidak macet dan memastikan tidak adanya korban jiwa pada peristiwa ini.”

Baca juga:  Kabar Baik, 6 Pasien Positif Corona di Sumedang Sembuh

“Namun, untuk relokasi dan kehidupan selanjutnya dari Dinas Sosial dan harus diputuskan secara lintas sektoral,” jelasnya.

Dedi menegaskan, untuk korban maupun warga sekitarnya yang terdampak musibah longsor tersebut, dapat menggunakan Mes Polres Sumedang sebagai tempat tinggal sementara.