Update Corona Pangandaran: 5 Orang Kontak Erat Dites Swab, 1 Pemudik Reaktif Rapid Test

PANGANDARAN, ruber.id – Tim dari Dinas Kesehatan Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat telah melakukan tracing kasus COVID-19.

Hal itu menyusul pasca adanya satu orang pasien positif virus Corona asal Kecamatan Padaherang yang saat ini tengah dirawat di RSUD Pandega.

Kepala UPT Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Pangandaran Aang Syaefurahmat mengatakan, pemeriksaan tes swab dilakukan kepada 5 orang yang berkontak erat dengan pasien.

Di mana, pasien tersebut sudah serumah dengan keluarganya selama 3 hari pasca dirinya menjalani isolasi khusus di gedung sekolah desa setempat.

Selain itu, kata Aang, pemeriksaan rapid test dan tes swab dilakukan kepada 53 pemudik di tempat isolasi khusus tersebut.

“Dari 53 pemudik ini, satu orang diantaranya reaktif rapid test. Tapi kita pantau dulu, tunggu saja hasil swab-nya,” katanya kepada ruber.id, Senin (25/5/2020).

Baca juga:  Niat Beristirahat, Seorang Pemudik Malah Tewas Terjatuh dari Jembatan Cimanuk Tol Cipali

Tak hanya terhadap kontak erat dan pemudik saja, kata Aang, pemeriksaan rapid test juga dilakukan kepada tenaga kesehatan Puskesmas Sindangwangi dan Gugus Tugas COVID-19.

“Hanya dirapid test. Tenaga kesehatan sebanyak 39 orang, sedangkan petugas gugus tugas 17 orang. Kami akan datang lagi 4 hari ke depan,” ujarnya.

Sementara itu, Camat Padaherang Kustiman mengaku, dirinya termasuk yang menjalani rapid test dari 17 orang petugas gugus tugas tingkat kabupaten.

“Saya juga ikut dirapid test bareng gugus tugas, karena sering bertugas di tempat isolasi khusus,” ungakpnya. (R002/dede ihsan)

BACA JUGA: Update Corona Pangandaran: Pasien Positif COVID-19 di RSUD Pandega, Prosedur Isolasi Khusus Segera Dievaluasi