21.4 C
Indonesia
Selasa, November 30, 2021

Tips Zoom Meeting bagi Pemula, Video Conference Tetap Lancar

BERITA TEKNOLOGI, ruber.id – Saat harus bekerja atau belajar dari rumah, tips zoom meeting bagi pemula merupakan hal yang perlu kamu ketahui. Aplikasi Zoom memang banyak digunakan WFH khususnya untuk melakukan video conference. Namun, sering terjadi kendala ketika melakukan online meeting atau online class.

Berikut ini adalah kiat-kiat yang bisa kamu ikuti agar video conference selama pandemi Covid-19 tetap lancar.

Atur Kamera Agar Layar Tidak Buram

Sebelum melakukan online meeting, periksa pengaturan kamera terlebih dulu. Klik ikon roda gigi di sudut kanan atas, masuk ke pengaturan Video lalu klik Camera. Jika kamu menggunakan kamera eksternal, pilih opsi HD untuk menetapkan kualitas tinggi dari webcam.

BACA JUGA:  Cara Menyambungkan Aplikasi Zoom ke TV

Memilih Pakaian yang Tepat

Meski tidak ada aturan soal pakaian apa yang harus dikenakan, tips zoom meeting bagi pemula sebaiknya kenakan warna-warna cerah. Warna cerah seperti biru, hijau, merah dan oranye bisa memicu kepercayaan diri, optimisme dan kreativitas.

Kecuali jika kamu berada di depan dinding kosong yang terang, sebaiknya kenakan baju hitam. Hindari pakaian yang memiliki pola atau motif agar tidak mengganggu fokus peserta rapat lain saat zoom meeting berlangsung.

Perhatikan Latar Belakang

Perhatikan apa yang ada di latar belakang, mulai dari pencahayaan, barang-barang yang muncul di kamera, dll. Apabila kamu tidak ingin memperlihatkan ruangan, pertimbangkan untuk memakai latar belakang virtual.

BACA JUGA:  Aplikasi Zoom Gangguan, Ini yang Harus Dilakukan

Aplikasi zoom meeting memungkinkan pengguna untuk memakai latar belakang virtual, sehingga kita bisa mengunggah sendiri foto yang diinginkan. Masuk ke ipsi Background & Filters, kemudian klik Virtual Background.

Kualitas Suara

Beberapa laptop dilengkapi dengan mikrofon untuk mendukung Zoom Meeting. Untuk memaksimalkan kualitas suara, kamu bisa memakai mikrofon eksternal. Saat ini sudah banyak orang menggunakan headphone yang disertai mikrofon sehingga suara terdengar lebih jelas.

Selain menerapkan tips zoom meeting bagi pemula, memastikan kecepatan internet memadai juga penting. Karena koneksi internet yang lambat bisa menyebabkan gangguan berupa video delay atau crash. Kecepatan ideal untuk melakukan video conference minimal 4 Mbps.

Related Articles

- Advertisement -

Latest Articles