Tips Mudik Aman Naik Motor

Tips Mudik Aman Naik Motor
Foto dedi suhandi/ruber.id

BERITA OTOMOTIF, ruber.id – Berikut ini, tips mudik aman naik motor. Ada baiknya, para pemudik yang menggunakan kendaraan bermotor memperhatikan beberapa hal. Seperti cek kondisi stamina, kesehatan, dan juga kendaraan yang akan dipergunakan untuk menempuh perjalanan mudik.

Sebelumnya, terpantau di beberapa bengkel, khususnya di dealer resmi Yamaha, Jaya Perkasa Motor, Sumedang. Saat ini tengah mengalami lonjakan konsumen yang hendak menyervis motornya, Selasa (26/4/2022),

Salah satu Servis Advisor Bengkel Resmi Yamaha, Asep mengemukakan, peningkatan konsumen terjadi mulai dari pertengahan bulan April ini.

Menurutnya, peningkatan jumlah konsumen masih akan terus bertambah sampai pada saat lusa, bahkan keesokan hari menjelang Lebaran.

“Sementara, bengkel mengalami peningkatan, meski belum cukup signifikan. Biasanya, peningkatan jumlah yang servis terus bertambah sampai pada H-1 menjelang Lebaran,” katanya kepada ruber.id.

Baca juga:  Mau Beli Motor Bekas? Ikuti Tips Ini Dulu Biar Anda Tidak Tertipu

Ia menyampaikan, terkait adanya promo potongan harga jasa servis serta gratis oli untuk konsumen yang memilih servis paket.

Tips Mudik Aman Naik Motor

Khusus pemudik yang hendak menggunakan kendaraan roda dua atau motor pada Lebaran kali ini, berikut ini beberapa tips agar Anda tetap aman selama dalam perjalanan.

Tips pertama yaitu cek performa mesin motor, hal ini dapat dilakukan dengan cara melakukan servis atau juga pengecekkan di rumah.

Tentu disesuaikan dengan jenis motor yang akan dipergunakan, namun pada intinya mesin penting untuk dipastikan normal.

“Tergantung, untuk yang menggunakan motor matic, perlu dicek atau minimal dibersihkan pada areal CVT-nya. Ganti oli serta pelumas gardan,” terang Asep.

Baca juga:  [BREAKING NEWS] WhatsApp, Facebook dan Instagram Down

Selain itu, Asep menyarankan agar melumasi rantai serta pengecekan pada ban, gir, oli mesin, serta sistem pengereman.

“Sama saja, hanya perbedaanya terdapat pada transmisi otomatis dan transmisi manual. Keduanya, sama-sama perlu dilakukan pengecekan guna sistem kerja pada motor bisa berfungsi secara optimal,” jelasnya.

Kemudian, cek performa pada bagian rangka atau kaki-kaki. Seperti yang beberapa bagian sudah disebutkan sebelumnya, yakni ban serta sistem pengereman.

Asep menjelaskan, pengecekan area suspensi kendaraan juga tak kalah pentingnya.

Karena, kata Asep, pemudik terlihat seringkali memaksimalkan barang-barang bawaanya.

“Bahkan beberapa sampai melebihi kapasitas beban yang mampu dibawa oleh motor yang digunakanya tersebut. Hal ini, tentu akan membuat suspensi pada motor juga bekerja secara maksimal,” katanya.

Baca juga:  TikTok Cash Resmi Diblokir, Pengguna Diminta Berhati-hati

Maka, kata Asep, kaki-kaki yang kuat beserta suspensi dengan fungsi yang baik sangat diperlukan guna kenyamanan saat berkendara.

Lalu, pastikan juga kondisi ban serta velg, terlebih prediksi cuaca saat mudik kali ini akan diguyur oleh hujan.

Meski sejatinya tidak ada yang bisa menjamin keselamatan, keamanan serta kenyamanan berkendara saat mudik, minimal beberapa upaya di atas baik untuk dilakukan.

Tentu, pada saat mudik, para pemudik harus berhati-hati, hindari berkendara dalam kondisi ngantuk serta tetap memperhatikan rambu-rambu lalu lintas yang berlaku.