Tips Menjaga Kesehatan Mata dari Dampak Buruk Gadget

Tips Menjaga Kesehatan Mata dari Dampak Buruk Gadget
Foto ilustrasi from Pixabay Istockphoto

BERITA TIPS, ruber.idDi era digital dengan teknologi yang semakin canggih ini, setiap orang melakukan segala macam lewat gadget. Baik ponsel, tablet atau laptop.

Hampir semua aktivitas dilakukan dengan gadget. Mulai belanja, membaca berita, menonton drama hingga meeting. Tentunya melalui aplikasi yang banyak ditawarkan.

Tak jarang kita pun terlalu lama menatap layar gadget. Apalagi jika sudah bermain games, waktu berjam-jam pun tak terasa.

Kebiasaan itu tentunya berdampak terhadap kesehatan mata kita. Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga kesehatan mata dari dampak negatif terlalu lama menatap layar gadget. Seperti mata tegang, kering, sakit kepala, hingga insomnia.

Berikut tips menjaga kesehatan mata dari dampak negatif gadget.

Baca juga:  Suka Pakai Masker Kopi? Begini Caranya yang Benar Biar Kulit Glowing

Jaga Jarak

Atur jarak Anda dengan gadget sekitar 60 sentimeter. Karena, mata seseorang harus bekerja lebih keras ketika melihat dari dekat dibanding jauh. Selain itu, posisikan layar agar pandangan mata sedikit ke bawah.

Atur Kecerahan Layar

Atur kecerahan layar pada gadget Anda. Jika terlalu silau, itu dapat berdampak buruk terhadap mata.

Anda bisa memanfaatkan filter layar saat bekerja, dan juga harus menyesuaikan pencahayaan di ruangan agar mata tidak mudah tegang.

Istirahatkan Mata

Sebaiknya istirahatkan mata secara berkala, agar dampak buruk yang dapat terjadi pada mata Anda dapat menurun.

Anda bisa mengikuti aturan 20-20-20, yang artinya beristirahat setiap 20 menit dengan memandangi objek berjarak 20 meter selama 20 detik.

Baca juga:  Redmi Note 9 dan Redmi Note 9 Pro: Kualitas Kamera Ok, Hape Super Canggih tapi Murah Meriah

Jangan Gunakan Gadget Sebelum Tidur

Kebiasaan menggunakan gadget sebelum tidur dapat berdampak buruk terhadap mata Anda. Oleh karena itu, sebaiknya kebiasaan ini dihindari atau bahkan dihilangkan.

Jauhkan gadget Anda sebelum tidur. Pasalnya cahaya biru yang terpancar dapat memengaruhi siklus bangun dan tidur alami tubuh.

Ketika kita terlalu banyak terpapar cahaya tersebut akan sulit untuk tidur. Usahakan membatasi waktu penggunaan alat elektronik satu hingga dua jam sebelum tidur.

Jaga Kelembapan Mata

Mata kering dapat berdampak buruk terhadap kesehatan. Solusinya, Anda harus menjaga kelembapan mata. Siapkan pelumas mata dan lumasi ketika mata terasa kering.

Ingat, pendingin ruangan di kantor juga dapat memberi dampak ini, maka selalu siapkan pelumas mata kapan dan di mana pun.

Baca juga:  Masih Pakai PC Jadul? Segera Ganti Jika Tak Ingin Seperti Ini

Nah, itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan mata dari dampak buruk penggunaan gadget.

Dengan rutin melakukan tips di atas, Anda akan terhindar dari gangguan yang dapat terjadi pada penglihatanmu. Jangan lupa juga untuk selalu melakukan pemeriksaan rutin tahunan kepada dokter mata, agar penanganannya lebih tepat. Selamat mencoba!

Editor: R004