Tips Menjaga Kesehatan di Masa Lebaran

Tips Menjaga Kesehatan di Masa Lebaran
Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels

BERITA TIPS, ruber.id – Menghindari makanan bersantan dan berlemak secara berlebihan, merupakan salah satu cara untuk menjaga kondisi tetap sehat di masa Lebaran.

Mahasiswi Universitas Sebelas April Sumedang, Julia Gustina Sari menyebutkan, pasca-Lebaran, tidak sedikit orang yang mengalami sakit dan keluhan kesehatan. Hingga memaksa untuk berobat ke rumah sakit atau klinik kesehatan lainnya.

Masalah kesehatan yang paling banyak biasanya akibat dari konsumsi makanan. Terutama makanan yang sarat akan lemak dan santan.

Julia berpendapat, pasca-bulan Ramadan, tubuh, khususnya pada bagian pencernaan, sedang dalam masa penyesuaian kembali.

“Di bulan sebelumnya, yang awalnya menahan lapar dan dahaga seharian, kini setelah Lebaran konsumsi makan meningkat, bahkan berlebihan.”

Baca juga:  Awas! Kekurangan Asupan Cairan Dapat Berisiko Gagal Jantung

“Di tambah lagi, di hari raya juga biasanya banyak makanan tersedia, jadi wajar keinginan untuk makan juga meningkat,” ucapnya.

Untuk itu, menjaga kesehatan agar tetap prima di masa Lebaran tentunya sangat penting.

Berikut ini, beberapa tips agar tetap sehat selama masa Lebaran.

Rutin Berolahraga

Kontrol asupan makanan dengan berolahraga. Dengan olahraga secara teratur, minimal tubuh akan lebih memiliki keseimbangan.

Dalam hal ini, olahraga aerobik akan membantu peredaran darah lebih lancar dan kontrol terhadap lemak.

Konsumsi Air Putih

Jangan lupa konsumsi air mineral sesuai dengan anjuran, yaitu minimal 8 gelas per hari untuk tetap menjaga cairan dalam tubuh.

Sebab, jika tubuh mengalami dehidrasi, pasokan oksigen kurang. Maka kemungkinan terjadi malfungsi pada organ tubuh bisa saja terjadi.

Baca juga:  Tips Memilih Baju Agar Tampil Elegan

Pola Makan yang Teratur

Atur pola makan, minimal dua sampai tiga kali sehari. Pola makan yang teratur ini sudah cukup untuk memberikan asupan energi pada tubuh.

Sehinggq, bisa menjalankan fungsi tubuh dengan normal. Terlalu banyak makan juga tidak baik, dan malah akan menimbulkan obesitas yang merujuk pada timbulnya gejala-gejala penyakit dalam tubuh.

Konsumsi Buah-buahan

Jika terlalu banyak makan-makanan bersantan, berlemak, dan kurang kandungan serat, umumnya akan terjadi masalah pada bagian pencernaan.

Nah, salah satu cara mengatasi masalah pencernaan tersebut, maka ada baiknya diimbangi dengan mengonsumsi buah-buahan.

Itulah beberapa tips yang dapat dilakukan, agar terhindar dari masalah kesehatan. Terutama akjbat dari konsumsi makanan berlebih saat lebaran.