Tips Mencegah Mobil Mogok di Jalan Saat Mudik Lebaran

Tips Mencegah Mobil Mogok di Jalan Saat Mudik Lebaran
Foto ilustrasi from Pixabay Istockphoto

BERITA OTO, ruber.idTahun ini diprediksi akan banyak pemudik Lebaran yang menggunakan kendaraan roda empat atau mobil pribadi.

Kepolisian pun menyiapkan rekayasa lalu lintas untuk menghindari kemacetan saat mudik Lebaran. Namun, kemacetan saat mudik seperti sudah menjadi tradisi.

Tak jarang, sejumlah kendaraan mengalami mogok saat mudik karena terlalu lama terjebak dalam macet, atau karena kendala lain yang memang tidak diprediksi sebelumnya.

Oleh karena itu, bagi Anda yang akan mudik Lebaran memakai mobil, sebaiknya lakukan tips berikut ini agar terhindar dari mogok di perjalanan.

Cek Bahan Bakar

Hal pertama yang harus dicek sebelum melakukan perjalanan, ada baiknya mengecek bahan bakar kendaraan. Karena salah satu penyebab mogok saat mudik adalah kehabisan bahan bakar.

Baca juga:  Item Immortality di Mobile Legends Wajib Dibeli, Ini Penjelasannya

Jadi, pastikan bensin dalam keadaan penuh agar perjalanan mudik pun aman.

Cek Kondisi Aki

Mengecek kondisi aki merupakan hal yang sangat penting sebelum mudik. Jadi, pastikan kondisi aki dalam keadaan baik.

Pasalnya, aki menjadi energi untuk mengaktifkan mesin kendaraan. Biasanya, problem dari aki terdapat pada kabel yang renggang atau lepas dari terminal aki. Aki yang masa pakainya sudah lewat juga dapat memicu kinerja mesin jadi kurang optimal.

Oleh karena itu, pastikan aki dalam kondisi yang bagus ketika Anda akan melakukan perjalanan mudik dengan mobil.

Cek Sekring

Jika mobil Anda terlanjur mogok, cek sekring mobil. Periksa apakah ada sekring yang terputus atau tidak. Karena cukup mudah untuk mengetahui sekring putus.

Baca juga:  Selain Skill, Touch Sampling Rate Penting Diperhatikan Gamers Battle Royale

Anda bisa lihat pada bagian plastik beningnya, jika kawat di dalamnya masih menyambung, berarti sekring tidak perlu diganti. Namun jika kawat sekring sudah terputus, maka ganti dengan jenis sekring yang memiliki kapasitas sama.

Cek Karburator

Untuk kendaraan yang masih menggunakan karburator, bisa jadi masalah timbul dari komponen ini. Karburator bermasalah mengakibatkan kesulitan untuk menghidupkan mesin kendaraan.

Karena, saluran bahan bakar yang tidak berfungsi sempurna akan menghambat proses pembakaran dan mesin menjadi sulit dihidupkan.

Sebaiknya cek komponen ini sebelum melakukan perjalanan, Anda bisa mendatangi bengkel langganan atau bengkel resmi mobil Anda.

Overheat atau Mesin Terlalu Panas

Overheat atau mesin yang terlalu panas dapat menyebabkan kendaraan tiba-tiba mati atau mogok. Penyebabnya biasanya karena air radiator yang kurang atau bahkan habis karena bocor atau lupa diisi.

Baca juga:  Tak Hanya Ghozali Everyday, Mobile Legends juga Rilis Koleksi NFT

Sementara air radiator berfungsi sebagai pendingin yang berguna menjaga suhu mesin agar tidak mengalami overheat.

Untuk mencegah mobil mogok karena overheat, pastikan air radiator dalam kondisi penuh. Lalu cek apakah ada kebocoran agar perjalanan mudik Anda aman dan menyenangkan.

Editor: R004