EKBIS  

Tips Ampuh Agar Kredit Mobil Cepat Disetujui

Tips Ampuh Agar Kredit Mobil Cepat Disetujui

BERITA BISNIS, ruber.id – Berencana untuk membeli mobil dengan sistem kredit? Anda harus tahu tips kredit mobil disetujui karena banyak yang pengajuannya ditolak. Ada berbagai macam alasan penolakan dari pihak leasing.

Mulai dari penghasilan yang kurang mencukupi atau masalah dokumen yang kurang lengkap. Supaya pengajuan kredit Anda bisa lebih cepat disetujui ada beberapa hal yang perlu dilakukan, yuk langsung saja cek.

Tips Jitu Agar Pengajuan Kredit Mobil Disetujui

Metode pembayaran dengan cicilan sangat menguntungkan ketika Anda hendak membeli mobil. Alasannya tentu karena harga mobil yang tidak murah, bisa dari 80 hingga 100 jutaan rupiah lebih.

Tidak banyak masyarakat yang menyediakan uang cash untuk langsung membeli mobil. Namun untuk mendapatkan persetujuan kredit mobil ada tahapan-tahapan yang harus dilalui.

Untungnya saat ini dealer mobil sudah banyak yang bekerja sama dengan pihak leasing. Jadi Anda pun tidak perlu kebingungan untuk mencari mana leasing yang terbaik dan terpercaya.

Nah, supaya pengajuan kredit Anda bisa langsung berhasil ada beberapa tips mudah yang perlu diterapkan berikut ini.

Sesuaikan Harga Mobil dengan Penghasilan Bulanan

Tips kredit mobil disetujui yang pertama adalah mengenali harga mobil. Biasanya pihak leasing ini akan menyesuaikan harga dan kemampuan bayar debitur dilihat dari penghasilannya.

Hindari memilih mobil yang terlalu mahal, jika gaji bulanan yang dimiliki standar. Dan harus lebih realistis dalam mengajukan kredit karena pihak leasing bertujuan untuk menghindari kredit macet.

Baca juga:  Bank bjb Kolaborasi dengan LPEI Dorong Ekspor Indonesia

Salah satu alasan utama kredit macet adalah karena penghasilan debitur terlalu kecil dari harga mobil. Untuk itu Anda bisa survey harga mobil, bisa juga memilih mobil keluarga dengan lebih banyak penumpang agar efisien.

Pastikan Kondisi Rekening Pribadi Aman

Syarat kredit mobil di acc yang utama adalah lolos dari BI checking yang akan dilihat dari riwayat kredit. Pengecekan ini tentunya akan melibatkan kondisi rekening pribadi Anda.

Selama Anda sedang tidak memiliki cicilan yang belum lunas maka sudah pasti akan lolos BI checking ini. Rekening yang dicek juga bukan hanya dari satu bank, namun semua rekening pribadi yang Anda miliki.

Pihak leasing juga akan membaca surplus aktif yang tercatat dalam rekening, sehingga dapat diasumsikan Anda memiliki sedikit simpanan. Nantinya simpanan inilah yang bisa digunakan menutup keperluan tambahan.

Uang Muka

Down Payment atau DP biasanya akan menjadi pertanyaan saat survey kredit mobil. Ternyata uang muka ini menjadi faktor penentu yang cukup besar apakah Anda akan berhasil mendapatkan kredit.

Secara umum pihak leasing memiliki ketentuan jumlah uang muka adalah 20 hingga 30%. Semakin tinggi uang muka yang disanggupi maka akan lebih baik dimata pihak leasing.

Alasannya, ketika Anda mampu membayar uang muka besar maka resiko kredit macet pun akan berkurang. Pihak leasing setidaknya sudah mendapatkan jaminan dana yang lebih besar di atas sebelum meminjamkan uang.

Baca juga:  Sambut Hari Air Sedunia dan HUT Depok, PDAM Tirta Asasta Beri Diskon 50%

Melengkapi Semua Syarat Administrasi

Hal selanjutnya yang harus diperhatikan adalah dokumen administrasi yang dikumpulkan pada saat pengajuan. Berdasarkan dokumen-dokumen inilah pihak leasing akan menilai kemampuan kredit Anda.

Dokumen yang biasanya dibutuhkan adalah fotokopi KTP, Kartu Keluarga, slip gaji, fotokopi rekening dan masih banyak lagi. Anda bisa mencari tahu soal informasi administrasi ini ke pihak leasing secara langsung.

Sebelum mengumpulkan cek kembali karena proses pengecekannya berlangsung lama. Jika ada dokumen yang tertinggal maka waktu pengecekan akan bertambah lama lagi.

Harus Kooperatif selama Proses Pengajuan

Bukan hanya Anda yang mengajukan kredit mobil. Ada jutaan masyarakat Indonesia yang mengajukan dan pihak leasing harus melakukan survei satu per satu. Selama proses pengajuan Anda sebagai calon debitur harus bertindak kooperatif.

Misalnya saja soal penjadwalan survei untuk wawancara mengenai kesanggupan kredit. Pihak leasing akan menerjunkan surveyor dan memberikan berbagai pertanyaan mengenai kondisi finansial Anda.

Pastikan selama proses ini berjalan, Anda harus selalu memberikan informasi yang benar. Karena informasi tersebut akan dicocokan dengan data BI checking sekaligus dokumen yang telah dikumpulkan.

Memahami Masa Kredit dan Suku Bunga

Anda harus paham mengenai tenor dan juga bunga dari cicilan. Pihak leasing sudah memiliki penghitungan sendiri akan hal ini. Sebagai calon debitur, jika Anda memiliki finansial yang stabil tidak masalah memilih tenor yang panjang.

Baca juga:  Optik Ezia Kota Depok, Solusi Kacamata Semua Generasi

Perusahaan leasing pun tidak akan takut akan kredit macet. Namun jika Anda memiliki sedikit kesulitan soal finansial maka lebih baik memilih tenor pendek. dengan begitu leasing jadi lebih percaya.

Pilih Leasing yang Terpercaya

Tips yang terakhir adalah Anda harus memilih perusahaan leasing yang sudah terpercaya. Baik dari segi layanan sampai dengan jumlah cicilannya. Salah satu perusahaan leasing yang bisa dipercaya adalah verena multi finance.

Perusahaan ini legal beroperasi di Indonesia dan menghadirkan layanan kredit mobil yang kompetitif. Anda yang ingin memiliki mobil baru atau bekas bisa langsung menghubungi showroom yang telah bekerja sama dengan Verena.

Cara mengetahui kredit mobil di acc atau tidak pun bisa dilakukan dengan mudah melalui Blibli. Anda tinggal masuk ke Blibli kemudian pilih menu angsuran kredit.

Pilihlah perusahaan leasing dan tinggal masukkan nomor kontrak yang sesuai. Maka jumlah tagihan akan langsung terlihat. Anda pun bisa langsung melakukan pembayaran cicilan kredit mobil di Blibli.

Mengikuti semua tips kredit mobil disetujui ini akan membantu Anda tidak kebingungan lagi pada saat mengajukan. Baik dari segi finansial Anda sudah siap dan pihak leasing tinggal mengecek berkas, survey dan mencocokannya. Kredit pun akan langsung disetujui.

Penulis/Editor: R003