28.4 C
Indonesia
Minggu, September 19, 2021
spot_img

Tiktok Resume, Melamar Kerja Semakin Mudah

BERITA TEKNOLOGI, ruber.id – Fitur Tiktok Resume akan hadir untuk membantu orang dalam mengurus lamaran kerja. Dengan fitur ini, setiap orang bisa membuat CV dalam bentuk video untuk melamar kerja ke berbagai perusahaan.

Fitur ini berasal dari konten Tiktok yang muncul secara organik dengan tagar #CareerTok. Kemudian menyusul inisiatif perusahaan yang sengaja mempengaruhi mahasiswa dan fresh graduate dengan konten serupa.

Dilansir dari The Verge pada Minggu (11/7), ada lebih dari 30 perusahaan yang mendaftar untuk menerima Tiktok Resume dalam uji coba 31 Juli mendatang. Untuk melamar kerja melalui Tiktok, pelamar harus membuat CV berbentuk konten video. Pelamar mengunggah video tersebut ke Tiktok, lalu mengirimkannya ke perusahaan yang membuka lowongan kerja.

BACA JUGA:  TikTok Cash Resmi Diblokir, Pengguna Diminta Berhati-hati
BACA JUGA:  Durasi Video Tiktok Lebih Panjang, Hingga 3 Menit per Konten

Membuat Resume dengan Video Tiktok

Pada fitur terbaru ini, terdapat video petunjuk yang menyarankan pelamar agar tidak mencantumkan informasi pribadi seperti alamat email dan nomor handphone. Alasannya karena konten ini akan dibagikan secara publik.
Beberapa lowongan kerja yang terdaftar di Tiktok memiliki kriteria pelamar sudah paham soal pembuatan konten aplikasi ini. Sebagai contoh, Alo Yoga membuka lowongan kerja untuk posisi manajer sosial media. Untuk mengisi posisi ini, pelamar harus memiliki keahlian strategi pemasaran branding dan bekerja sama dengan influencer.

Lalu ada juga Detroits Pistons yang membuka lowongan kerja sebagai host atau produser video. Orang-orang yang memiliki keahlian tersebut bisa melamar lewat Tiktok Resume.

BACA JUGA:  Aplikasi Edit Video untuk TikTok, Biar Cepet Masuk FYP
BACA JUGA:  Welcome to Indonesia, Tren Viral di Tiktok

Uji coba fitur ini bersifat sementara, namun sudah memperlihatkan bagaimana Tiktok menciptakan ekosistem untuk konten profesional. Perusahaan bisa memberi pekerjaan paruh waktu untuk kalangan remaja yang berpengaruh.

Pengujian fitur ini akan berlangsung dari 7 hingga 31 Juli 2021. Tidak perlu khawatir soal durasi, karena pelamar bisa membuat konten resume hingga tiga menit lamanya.

Related Articles

- Advertisement -

Latest Articles