Terlilit Utang di Era Fintech? Ini Tips Agar Tetap Semangat Bayar Cicilan

ruber — Era industri 4.0 memberi kemudahan untuk mendapatkan pinjaman melalui fintech (Finansial Teknologi).

Namun, kenyataannya, kemudahan ini sering tidak diimbangi dengan konsekuensinya, yaitu disiplin membayar cicilan secara tepat waktu.

Apalagi selain cicilan kita pun perlu membayar tambahan bunga. Itu sebabnya jangan mengajukan pinjaman hanya berdasarkan pada keinginan semata.

Dilansir dari laman Kompas.com, para perencana keuangan umumnya merekomendasikan kemampuan total membayar cicilan terhadap penghasilan sekitar 30%-35% untuk cicilan utang produktif.

Jika untuk utang konsumtif, maksimal hanya 15% dari penghasilan.

Untuk mendorong konsumen lebih semangat membayar cicilannya, salah satu perusahaan teknologi Indonesia, Pluto, menawarkan cashback bagi pengguna yang mengunggah bukti pembayaran cicilannya.

Baca juga:  Khasiat Daun Kelor, Balita dan Anak Disarankan Rutin Konsumsi

“Pluto bertujuan untuk mengurangi bunga tinggi yang dikenakan saat ini pada masyarakat, khususnya pada sektor pinjaman dan cicilan,” kata Marc Uthay, Co Founder Pluto di laman Kompas.com.

Menurutnya, Pluto adalah aplikasi mobile lifestyle yang menempatkan diri di antara konsumen dan institusi finansial.

Aplikasi ini juga bisa menjadi solusi dari kredit macet karena warga bisa memperoleh keuntungan setiap membayar cicilannya.

Marc menjelaskan, pengguna aplikasi bisa mengunggah bukti pembayaran berbagai cicilannya, seperti kredit motor, gadget, furnitur, hingga pinjaman online.

“Konsumen yang ingin mendapat cashback tak perlu melakukan pembayaran apa pun lewat aplikasi Pluto.”

“Cukup dengan mengunduh aplikasi dan melengkapi profil, pengguna sudah mulai dapat mengumpulkan cashback,” kata Marc.

Baca juga:  Tips Mengusir Jerawat Secara Alami

Unggahan bukti cicilan tersebut kemudian dikonversi menjadi cashback reward atau pun poin. Besarnya rewards yang ditawarkan sekitar 0.5%. luvi

Foto: ilustrasi/net

SUMBER: Kompas.com

loading…