25.4 C
Indonesia
Minggu, September 26, 2021
spot_img

Tanda Keuangan Sudah Stabil, Generasi Masa Depan Cerah

BERITA GAYA HIDUP, ruber.id – Tanda keuangan sudah stabil dapat dilihat dari bagaimana kamu mencatat pemasukan dan pengeluaran. Jika kamu sudah bisa membedakan keinginan dan kebutuhan, maka kamu sudah bisa mengelola uang dengan baik.

Memiliki dana darurat juga dapat membantumu untuk mengatasi hal-hal tak terduga. Agar kondisi keuangan terkontrol, disarankan untuk tidak mengambil cicilan besar.

Idealnya, besar cicilan tidak melebihi 30% gaji. Berinvestasi untuk kemapanan di masa tua juga bisa dilakukan sedini mungkin.

Punya Pemasukan Tetap
Jika kamu memiliki sumber pemasukan dengan jumlah yang stabil tiap bulan, maka itu salah satu tanda keuangan sudah stabil.

Dengan memiliki pemasukan tetap, kamu akan lebih mudah merencanakan pengeluaran. Misalnya seperti membayar tagihan listrik, kebutuhan pokok, dan sebagainya.

BACA JUGA:  Inspirasi Pemanfaatan Ruang di Bawah Tangga
BACA JUGA:  Bank bjb Catatkan Pertumbuhan Aset 16.7% pada Kuartal I Tahun 2021

Segala Pengeluaran Terkontrol
Karena memiliki pemasukan tetap, kamu lebih teliti dalam menggunakan uang. Semua pengeluaran rutin sudah tercatat dengan baik, bahkan kamu bisa mengingatnya secara rinci. Dengan menghindari pengeluaran yang tidak perlu, kamu pun lebih mudah menabung.

Bisa Membedakan Kebutuhan dan Keinginan
Membedakan kebutuhan dan keinginan menjadi tantangan bagi generasi milenial. Karena di usia 20-an, tuntutan gaya hidup bisa membuat orang cenderung lebih boros.

Gara-gara tidak mau ketinggalan, sampai memaksakan diri membeli barang mahal dan bermerk. Jika sekiranya belum mampu membeli barang bermerk, tidak perlu minder. Utamakan barang sesuai fungsinya.

Ketika kamu bisa mendapatkan barang serupa dengan harga lebih murah, itu tanda keuangan sudah stabil. Yang paling penting, kebutuhanmu terpenuhi dan kantong tetap aman.

BACA JUGA:  Kesalahan Gaya Hidup Kaum Rebahan yang Berbahaya bagi Kesehatan
BACA JUGA:  Kesalahan Gaya Hidup Kaum Rebahan yang Berbahaya bagi Kesehatan

Investasi Rutin
Mulai berinvestasi sedini mungkin agar bisa kamu nikmati suatu hari nanti. Kamu bisa mulai berinvestasi dengan mengambil tabungan deposito, menjalani pola hidup sehat, dan rajin berolahraga. Merawat tubuh dari sekarang juga merupakan bentuk dari investasi, agar bisa menikmati hidup hingga tua nanti.

Tidak Memiliki Cicilan Besar
Besar cicilan tidak boleh melebihi 30% dari gaji. Jika melebihi batas tersebut, maka itu akan menjadi beban untukmu.

Segera lunasi hutang segera jika memungkinkan, atau tambah pemasukan dengan mengerjakan bisnis/sampingan.

Jangan sampai kamu dikenakan denda gara-gara telat membayar cicilan yang sudah jatuh tempo. Membayar cicilan secara rutin juga merupakan tanda keuangan sudah stabil. (CW-004/Dewi)

BACA JUGA:  Perluas Manfaat dengan Rangkaian Inovasi, Cara bank bjb Rayakan HUT ke 60
BACA JUGA:  Inspirasi Pemanfaatan Ruang di Bawah Tangga

BACA JUGA: Cara Mengatasi Gugup saat Presentasi, Makin Jago Public Speaking

Related Articles

- Advertisement -

Latest Articles