27.4 C
Indonesia
Selasa, Oktober 19, 2021
BJB KPRBJB KPRBJB KPR

Sungai Terdampak Bencana di Sidomulyo Pangandaran Diperbaiki

BERITA PANGANDARAN, ruber.id – Sungai yang terdampak bencana alam diperbaiki. Sungai itu merupakan sayap jembatan di Kedung Gondang, Desa Sidomulyo, Kecamatan/Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang Perumahan Rakyat Dan Kawasan Permukiman (DPUTRPRKP) Pangandaran sudah mengalokasikan anggaran untuk perbaikan sungai itu.

Kasi Irigasi di Bidang Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) di DPUTRPRKP Pangandaran Indra Darmawan mengatakan, anggaran tersebut bersumber dari APBD Pangandaran tahun 2021.

“Anggaran yang dialokasikan untuk sungai di Desa Sidomulyo itu sebesar Rp100 juta,” kata Indra, Rabu (6/10/2021).

Indra menuturkan, sungai yang terletak di lokasi tersebut sebelumnya mengalami longsor akibat bencana alam yang terjadi beberapa waktu lalu.

BACA JUGA:  Dinas Pertanian Pangandaran Genjot Vaksinasi untuk Petani

Bahkan, Pemprov Jawa Barat juga sebelumnya sudah melaksanakan kegiatan normalisasi sungai itu dengan panjang 200 meter.

“Kemudian pembangunan tembok penahan tebingnya sepanjang 370 meter, sekaligus pelebaran jembatan,” tuturnya.

Pada kegiatan tersebut, kata Indra, Pemprov Jawa Barat mengalokasikan anggaran sebesar Rp1,2 triluin atau Rp1.285.546.000.000.

“Kondisi jalur sungai pada jembatan itu memang sudah parah. Bahkan dinding jalur sungainya beberapa kali mengalami ambrol,” ujarnya.

Indra menyebutkan, melalui kegiatan pembangunan yang telah dilaksanakan Pemprov dan penambahan anggaran dari Pemkab Pangandaran, diharapkan di lokasi itu tidak lagi terjadi banjir.

“Tebing sungai yang ambrol juga mengancam hamparan sawah milik warga. Sehingga lokasi itu sangat perlu penanganan yang serius dari pemerintah,” sebutnya. (R001/smf)

BACA JUGA:  Warga Langkaplancar Resah, Lahan Pertanian Dirusak Hama Babi

Related Articles

- Advertisement -

Latest Articles