Sungai Ciputrapinggan Pangandaran Bakal Dibikin ala Singapore

sungai ciputrapinggan
SUNGAI Ciputrapinggan di Pangandaran akan dibangun ala sungai di Singapore. foto net/ruber.id

BERITA PANGANDARAN, ruber.id – Selain menghubungkan jalur Pantai Pangandaran hingga Pantai Madasari, Pemkab berencana nenambah objek wisata. Yakni wisata Sungai Ciputrapinggan.

Pengembangan sektor wisata di Kabupaten Pangandaran tersebut menyusul rencana pemerintah yang akan membangun jalan tol Baticap (Bandung-Tasikmalaya-Cilacap).

Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata mengatakan, pihaknya bersama Susi Pudjiastuti ingin mengembangkan sungai menjadi objek wisata tambahan.

“Kami ingin Sungai Ciputrapinggan ini nantinya seperti sungai-sungai di Singapore, bisa mendatangkan uang,” kata Jeje, Senin (14/6/2021).

Karena itu, pihaknya mempunyai ide dan gagasan. Jika sungai yang terlihat dari jalan nasional menuju objek wisata Pantai Pangandaran itu bisa dikemas menjadi tempat wisata yang menarik.

“Dimirip-mirip seperti sungai yang ada di Singapore. Sungai Ciputrapinggan nanti ditata dengan baik. Supaya bisa menambah daya tarik wisatawan. Kami yakin akan ada perubahan,” tuturnya.

Baca juga:  Awasi Pemudik dari Zona Merah, 93 Kades di Pangandaran Diminta Laporkan Data Perantau

Sementara itu, mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menyampaikan, dirinya telah melepasliarkan bibit kepiting rajungan di sungai tersebut.

Ke depan, dirinya bakal melepasliarkan kembali kepiting jenis kroyo atau anak kepiting bakau. Bahkan Susi memperbolehkan warga untuk menangkap kepiting tersebut nantinya.

“Kami persilakan warga menangkap kepiting itu, tapi dengan satu syarat. Ukuran atau sizenya yang sudah layak dikonsumsi. Tunggu sampai besar, biarkan berkembang dulu.”

“Ukuran yang 1 ons ke bawah atau betina jangan ditangkap. Apalagi kepiting betina yang sedang bertelur, harus dilepaskan lagi. Yang boleh ditangkap itu kalau sudah di atas 1.5 ons,” ujarnya.

Susi berharap, Sungai Ciputrapinggan bisa dipromosikan. Dirinya meminta kepada warga untuk tidak membuang sampah sembarangan ke sungai.

Baca juga:  Sayuran dan Kebutuhan Pokok Warga di Pangandaran dari Jawa Tengah

“Selain Green Canyon, nanti di Pangandaran ada wisata sungai lagi. Sungai Ciputrapinggan akan dipercantik. Mulai sekarang stop buang sampah ke sungai,” sebutnya. (R002)