Rabu, 12 Agu 2020

Soal Surat Bantuan untuk Mamin Anggota Satpol PP Sumedang, Ini Kata Pakar Hukum dan Legislator

Baca Juga

Pasangan Juara Masuk Penjaringan PAN sebagai Balon Bupati Pangandaran

PANGANDARAN, ruber.id - Pasangan Jeje Wiradinata dan Ujang Endin Indrawan (Juara) resmi mendaftar menjadi bakal calon bupati dan wakil bupati ke DPD...

Puluhan Siswa dari 18 SDN di Tanjungmedar Ikuti Pentas Kreasi

SUMEDANG, ruber - Puluhan peserta mengikuti seleksi pentas kreasi siswa di SDN Cinangsi, Desa Sukamukti, Kecamatan Tanjungmedar, Kabupaten Sumedang. Kegiatan ini diproyeksikan sebagai upaya menjaring siswa...

Pria yang Tewas Tenggelam di Danau ITB Itu Kecanduan Game Online

SUMEDANG, ruber.id -- Kematian M Edward Nauli, 28, warga asal RT 03/12, Kelurahan Cipadung Kidul, Kecamatan Panyileukan, Kota Bandung, Jawa Barat bukan karena tindak...

Innalillahi, Nenek Ahli Puasa di Sumedang Ini Ditemukan Sudah Tidak Bernyawa di Rumahnya

SUMEDANG, ruber.id - Innalillahi wa inna ilaihi rojiun, Mamah, 75, warga Dusun Sukahurip RT 01/03, Desa Legok Kaler, Kecamatan Paseh, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat...

SURAT permohonan jamuan makan untuk SKPD mitra Satpol PP Sumedang dari Sekda Herman Suryatman. suhaya/ruang berita

SUMEDANG,  ruber — Adanya surat permohonan bantuan untuk operasional personel Satpol PP Sumedang yang dilayangkan Sekda Sumedang Herman Suryatman disoroti sejumlah kalangan.

Pakar Hukum Kompol (Purn) H Setya Widodo, SH menilai, surat permohonan untuk bantuan makan dan minum anggota Satpol PP Sumedang itu masuk kategori pungli (Pungutan liar).

Widodo menjabarkan, pungli adalah perbuatan yang dilakukan oleh seseorang atau Pegawai Negeri atau Pejabat Negara dengan cara meminta pembayaran sejumlah uang yang tidak sesuai atau tidak berdasarkan peraturan yang berkaitan dengan pembayaran tersebut.

“Hal ini sering disamakan dengan perbuatan pemerasan, penipuan atau korupsi. Nah itu ada dasar hukumnya tidak, karena aliran uang tersebut harus jelas,” kata Widodo kepada ruber, Rabu (27/3/2019).

Tak hanya itu, menurut pandangan hukum, kata mantan Kabag Ops Polres Sumedang ini, penggunaan anggaran tidak sesuai dengan yang telah ditentukan sudah masuk ke dalam tindakan melawan hukum. Dan jika sudah merugikan keuangan negara, itu masuk tindak pidana korupsi.

“Ya kalau dari kacamata hukum seperti itu, ketika penggunaan anggaran menyalahi perutukkannya itu termasuk melawan hukum,” tuturnya.

Terpisah, anggota Komisi III DPRD Sumedang Yogie Yaman Santosa menilai, langkah Sekda Sumedang Herman Suryatman yang mengirim surat imbauan kepada beberapa SKPD untuk membantu operasional Satpol PP merupakan hal yang over.

Yogie menegaskan, perihal memberikan surat permohonan jamuan makan dan minum untuk Satpol PP merupakan sebuah hal yang tidak perlu dilakukan.

“Tidak boleh sekda bikin surat resmi minta dana bantuan operasional. Kalau hanya sekadar bantuan partisipasi, cukup kepala Satpol PP saja, kalau Pak sekda itu terlalu over,” ujarnya kepada ruber, Rabu.

Adapun, kata Yogie, jika permohonan tersebut dilaksanakan oleh SKPD, itu sudah keluar dari peraturan. Karena, menggunakan anggaran dari APBD yang sebelumnya sudah ditentukan peruntukkannya.

“Ya itu tergantung SKPD-nya melaksanakan imbauan tersebut atau tidak. Kalau melaksanakan ya menyalahi aturan,” sebutnya.

Diberitakan sebelumnya, Sekda Sumedang Herman Suryatman membantah jika surat tersebut ditujukan untuk seluruh SKPD di lingkungan Pemkab Sumedang.

Sekda mengatakan, surat tersebut hanya ditujukan untuk RSUD Sumedang dan DPMPTSP Sumedang saja.

“Tidak, tidak ada (surat itu). Ada juga ke RSUD, dinas perizinan. Isinya mengimbau kepada mitra SKPD untuk membantu operasional makan minum anggota Satpol PP semampunya,” ucapnya kepada ruber usai mengisi acara Sosialisasi Relawan Demokrasi KPU Sumedang, Senin (25/3/2019).

Baca berita selengkapnya, klik Soal Surat Bantuan ke Sejumlah SKPD, Sekda Sumedang: Itu untuk Mamin Anggota Satpol PP. bay

loading…


Komentar

loading...

Artikel Terbaru

Tips Memilih Gadget Terbaik Sesuai Kebutuhan, Simak!

GADGET, ruber.id - Saat ini perangkat elektronik dan teknologi telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat. Dengan begitu banyak gadget keren yang bermunculan...

Pasien Positif Corona di Sumedang Sembuh 2, Nambah 1 dari Cibugel

SUMEDANG, ruber.id - Pasien positif virus corona di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat yang masih dalam perawatan berkurang 1, Selasa (11/8/2020).

Forum Pemuda Pangandaran Segera Membedah Kebijakan Pembangunan Daerah

PANGANDARAN, ruber.id - Forum Pemuda Pangandaran akan menggelar diskusi mengenai kebijakan pembangunan daerah di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

Segera Diputuskan, Sekolah Tatap Muka di Pangandaran Dimulai Jenjang SD dan SMP

PANGANDARAN, ruber.id - Pemkab Pangandaran, Jawa Barat belum dapat menentukan waktu dimulainya pembelajaran tatap muka di sekolah. Meski demikian, skema belajar siswa...

Hasil Europa League: Man Utd dan Inter Melaju ke Semi Final

SPORT, ruber.id - Manchester United dan Inter Milan melaju ke babak semi final Uefa Europa League (UEL) 2020. Pada...