7 Hektare Lahan di Pangandaran Ludes Terbakar dalam Sehari

SELUAS 7 Hektare lahan di Pangandaran ludes terbakar dalam sehari, Sabtu (5/10/2019). dede/ruber.id

Seluas 7 Hektare Lahan di Pangandaran Ludes Terbakar dalam Sehari

PANGANDARAN, ruber.id — Dalam 1 hari lahan seluas 7 Hektare di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, habis terbakar, Sabtu (5/10/2019).

Lahan seluas 7 Hektare yang terbakar itu dari 2 lokasi berbeda, yakni di Kecamatan Pangandaran dan Kecamatan Cimerak.

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun ruber.id, 2 peristiwa kebakaran tersebut diduga akibat dari pembakaran sampah.

BACA JUGA: Puntung Rokok Diduga Penyebab Karhutla di Pangandaran

Salah seorang petugas pemadam kebakaran (Damkar) Kabupaten Pangandaran Suroso melaporkan, kebakaran pertama terjadi di Dusun Bantarkalong Rt/Rw 04/13, Desa Sidomulyo, Kecamatan/Kabupaten Pangandaran.

Baca juga:  Rekap Data Penerima BLT, Perangkat Desa di Pangandaran Kerja Lembur

“Pada Jam 12.00 WIB itu api melahap hutan jati Perum Perhutani Pangandaran seluas 5 Hektare, diduga berasal dari pembakaran sampah yang merembet,” katanya.

Di lokasi berbeda (kebakaran ke 2), kata Suroso, terjadi di Dusun Babakan Rt/Rw 15/05, Desa Masawah, Kecamatan Cimerak, Kabupaten Pangandaran.

“Terjadinya sekitar Jam 14.54 WIB, api melahap lahan milik 3 warga setempat, yakni Yaya, Ade dan Nunu. Lahan yang terbakar seluas 2 Hektare, diduga dari pembakaran sampah,” tambahnya.

Dari 2 peristiwa kebakaran itu, petugas Damkar Kabupaten Pangandaran cepat tanggap dengan menerjunkan 1 unit armada Damkar dan berhasil memadamkan api yang berkobar-kobar.

Tak hanya petugas Damkar, masyarakat setempat pun ikut serta dalam mengatasi api di lahan tersebut menggunakan alat seadanya. dede ihsan