Selama Mudik, DMI Ciamis Minta Masjid Pinggir Jalan Jadi Rest Area

  • Bagikan

CIAMIS, ruber — Menyambut mudik Lebaran 2019, Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Ciamis menginstruksikan seluruh masjid yang berada di pinggir jalan di jalur selatan Ciamis jadi rest area.

Pengurus DKM juga diharapkan melayani para pemudik yang memilih masjid untuk beristirahat saat perjalanan mudik.

Ketua DMI Ciamis Wawan S Arifien mengaku telah menginstruksikan hal ini dengan mengirim surat ke tiap DKM se Ciamis.

Sehingga masjid bisa berbenah dan siap menjamu para pemudik yang umumnya dari Jabodetabek tujuan Jawa Tengah.

“Masjid pinggir jalan agar menyiapkan menerima mereka yang akan mudik dan balik. Tapi tidak menutup kemungkinan masjid di jalan-jalan kecil ikut membantu,” ujar Wawan.

Wawan mengatakan di jalur selatan Ciamis dari Cihaurbeuti sampai Cisaga, terdapat 20 masjid besar dan 10 masjid kecil yang siap digunakan untuk rest area para pemudik, termasuk Masjid Agung Ciamis.

Untuk masjid besar memiliki parkiran yang representatif, bisa menampung kendaraan mobil cukup banyak. Sedangkan masjid-masjid kecil hanya mampu menampung sepeda motor.

Wawan meminta kepada pengurus masjid untuk memperhatikan kebersihan masjid, pasokan air dan penerangan. Sekaligus menyiapkan tempat bagi para pemudik untuk beristirahat.

“Bagi pemudik yang mau istirahat saat mudik di masjid di jalur Ciamis sangat kami terima. Setidaknya ada air, tempat beristirahat untuk melepas lelah setelah perjalanan jauh. Kami semaksimal mungkin melayani pemudik,” ungkapnya.

Menurutnya, memberikan pelayanan kepada para pemudik merupakan salah satu keharusan yang harus dilakukan.

Terlebih, pemudik merupakan saudara seiman yang sedang berjuang menuju kampung halamannya, untuk bersilaturahmi bersama keluarganya.

“Silaturahmi adalah perbuatan yang sangat baik, jadi kita juga harus turut serta membantu mereka. Kami juga pasti mendoakan para pemudik supaya selamat sampai tujuan.”

“Ingat, jangan memaksakan perjalanan mudik kalau capek, istirahat ke masjid terdekat saat melintas di Ciamis,” ajaknya.

Untuk keamanan dan ketertiban saat istirahat mudik, masjid selama menjamu para pemudik, pihak DMI mengaku telah berkoordinasi dengan aparat keamanan setempat seperti Linmas dan kepolisian. dang

Foto: SALAH satu masjid besar yang ada di jalur mudik selatan Ciamis, biasa digunakan untuk rest area. dang/ruang berita
loading…


  • Bagikan