Monday, 6 Apr 2020

Respons Partai Politik di Pangandaran Terhadap Demokrasi Lemah, Ini Dampaknya

Baca Juga

Panglima Djoeang Jabar IX: Saya Yakin Survei Prabowo di Sumedang Lebih Unggul

SUMEDANG, ruber -- Panglima Roemah Djoeang Jabar IX Penni Octora mengaku puas dengan penampilan capres nomor urut 2 Prabowo-Sandi pada debat kedua kemarin. BACA JUGA:...

Warga Kelurahan Situ Tewas Terbawa Arus di Sungai Cimanuk Sumedang

Warga Kelurahan Situ Tewas Terbawa Arus di Sungai Cimanuk Sumedang SUMEDANG, ruber.id -- Ahyar, 47, warga Pangaduan Heubeul, Kelurahan Situ, Kecamatan Sumedang Utara, Kabupaten Sumedang,...

Tak Kantongi Izin, Kampanye Tim Relawan 01 di Pangandaran Dibubarkan Bawaslu

PANGANDARAN, ruber -- Bawaslu Pangandaran melalui Panwascam Cijulang membubarkan kampanye pertemuan terbatas timses pemenangan capres-cawapres nomor urut 01 di Pantai Batukaras, Sabtu (30/3/2019). Penyebabnya, kegiatan...

Direktur Bumi Desa Sejahtera: Kadin Garut Harus Mampu Mendorong Pertumbuhan UMKM sebagai Ekonomi Produktif

Direktur Bumi Desa Sejahtera: Kadin Garut Harus Mampu Mendorong Pertumbuhan UMKM sebagai Ekonomi Produktif GARUT, ruber.id -- Euforia dalam menyambut Musyawarah Kabupaten (Muskab) Kadin Kabupaten...

PANGANDARAN, ruber.id – Jelang Pilkada 2020, respons partai politik terhadap keberlangsungan demokrasi di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat dianggap lemah.

Aktivis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Ciamis-Pangandaran Aos Firdaos mengatakan, lemahnya respons partai politik terhadap demokrasi dilatarbelakangi gagalnya partai politik mencetak kader di partainya masing-masing.

“Pangandaran akan menggelar Pilkada 2020, tidak ada satu pun partai politik yang berani menjadi penyeimbang jika pasangan Jeje Wiradinata dan Adang Hadari kembali mencalonkan,” kata Aos kepada ruber.id di Pangandaran, Sabtu (1/2/2020).

Padahal, kata Aos, tahapan pelaksanaan Pilkada 2020 di Kabupaten Pangandaran akan segera berjalan.

Namun, kata Aos, partai politik di luar koalisi pasangan Jeje Wiradinata dan Adang Hadari di Pilkada 2015 lalu, belum memberi respons untuk menjadi penyeimbang.

“Partai politik terkesan masih bersikap dingin, bahkan bisa saja mengambil sikap untuk bergabung menjadi partai koalisi,” sebut Aos.

Aos menilai, sikap politik dari partai politik saat ini sudah dinanti oleh masyarakat.

Aos menuturkan, jika kemungkinan seluruh partai politik di Pangandaran menjadi partai koalisi, maka pasangan inkumben hanya akan melawan kolom kosong.

“Apabila pada Pilkada 2020 ini di Pangandaran terjadi calon tunggal dan lawannya adalah kolom kosong, kepercayaan warga terhadap partai politik di Pangandaran terancam menurun,” ucap Aos.

Aos menjelaskan, jika kepercayaan warga terhadap partai politik menurun, maka ancaman kemunduran demokrasi di Pangandaran akan makin tampak.

Bahkan, lanjut Aos, bisa saja berpengaruh terhadap angka partisipasi warga dalam menyalurkan hak pilih mereka pada pelaksanaan Pilkada 2020 juga turut menurun.

“Butuh upaya agar pemahaman demokrasi dan pentingnya pendidikan politik terhadap masyarakat,” ujar Aos.

Namun, kata Aos, apabila sampai terjadi Pilkada 2020 Pangandaran hanya diikuti pasangan calon tunggal melawan kolom kosong, ini akan berpotensi menjadi ancaman kekalahan bagi peserta pengusung calon.

“Kepercayaan warga akan berkurang terhadap partai politik. Karena tidak memiliki sikap politik yang jelas.”

“Ini bahaya juga terhadap partai politik yang mengusung calon, karena warga dimungkinkan akan memilih kolom kosong,” terangnya.

Oleh karena itu, lanjut Aos, jelang Pilkada 2020 Pangandaran, sudah harus dibuka ruang publik untuk menggelar diskusi terbuka. Sehingga pendidikan politik tersampaikan ke masyarakat. (R001/Syam)

Loading...

Komentar

loading...
- Advertisement -

Artikel Terbaru

Terpeleset di Sungai Ciberes, Warga Cirebon Hilang Terseret Arus

CIREBON, ruber.id - Firman, 29, warga Blok Gedongan RT 12/05, Desa Gebang Mekar, Kecamatan Gebang Kabupaten Cirebon hilang tenggelam di Sungai Ciberes.

Hindari Terpapar Virus dan Bakteri, Begini Cara Bersihkan Gadget Tanpa Merusaknya

ruber.id - Indonesia saat ini sudah menetapkan diri sebagai negara pandemi virus corona. Virus ini bahkan...

Elite Pro Academy, Asa PSSI Lahirkan Generasi Emas Sepakbola Indonesia

SPORT, ruber.id - Elite Pro Academy yang diprogramkan Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) bertujuan untuk melahirkan generasi emas sepakbola Indonesia.

Kapten Persib: Penghentian Liga Indonesia Tahun Ini Lebih Berat dari 2015

SPORT, ruber.id - Kapten tim Persib Bandung Supardi Nasir menilai penghentian kompetisi tahun ini lebih berat dibanding tahun 2015.

Sudah 23.000 Perantau Mudik ke Garut, Bupati: yang dari Jakarta Please Jangan Mudik Dulu

GARUT, ruber.id - Bupati Garut Rudy Gunawan meminta perantau dari Jakarta dan wilayah zona merah COVID-19 lainnya untuk tidak mudik dulu.