22.4 C
Indonesia
Senin, September 27, 2021
spot_img

Pinjol Sangat Mengerikan, Jangan Tergiur Hanya karena Mudah Meminjam

BERITA TEKNO, ruber.idPinjaman online (Pinjol) saat ini memang tengah jadi sorotan. Karena kembali bergaung di masa pandemi yang serba sulit. Banyak orang akhirnya memutuskan meminjam kepada pinjol sebagai solusi masalah keuangan mereka.

Dampak Pinjol sangat mengerikan. Karena, risikonya banyak dan yang sering terjadi, pengguna akhirnya kesulitan untuk membayar sehingga bunga pinjol yang terus bertambah melilit mereka.

Selain bunga yang tinggi serta besarnya potongan administrasi saat meminjam, keresahan juga dirasakan pengguna saat ditagih. Banyak debt kolektor pinjol menagih dengan cara yang tidak wajar, mengintimidasi, serta jauh dari etika. Para debt kolektor ini juga tak segan-segan meneror rekan-rekan si peminjam.

BACA JUGA:  Ini 231 Pinjaman Online Ilegal, Waspada Jika Tak Ingin Diteror
BACA JUGA:  Waspada Pinjol Ilegal, Bank bjb Tawarkan Solusi KUR Terbaik

Pertanyaannya kini, mengapa pinjaman online tersebut bisa mengetahui daftar kontak yang ada di ponsel si peminjam?

Ada berbagai asumsi yang disebutkan media sosial. Misalnya, jika kamu ditelepon pihak pinjol dan menanyakan soal kawanmu yang ternyata meminjam di aplikasi tersebut, bisa jadi nomor kamu terdaftar sebagai kontak darurat.

Namun, ada pula pernyataan lain yang lebih mengejutkan. Pendiri Drone Emprit dan Media Kernels Indonesia, Ismail Fahmi, yang dilansir dari Kompas (30/8) mengatakan, di sebuah utas di Twitter. Dia menuliskan di akun @ismailfahmi, jika Otoritas Jasa Keuangan (OJK) hanya mengizinkan pinjol legal mengakses kamera, microphone, dan lokasi saja dari ponsel pengguna.

Namun, ada saja pinjol yang tak mematuhi peraturan hingga akhirnya bisa membaca semua riwayat URL yang telah dikunjungi penggunanya di browser. Membaca bookmark browser bahkan melihat koneksi WiFi pengguna.

BACA JUGA:  Waspada Pinjol Ilegal, Bank bjb Tawarkan Solusi KUR Terbaik
BACA JUGA:  Ini 231 Pinjaman Online Ilegal, Waspada Jika Tak Ingin Diteror

Semetara pinjol illegal lebih bahaya lagi. Mereka bisa mengambil riwayat kontak yang tersimpan, nomor kontak, foto, video, daftar telepon keluar-masuk, dan lain-lain. Mengerikan bukan?

Jika kamu menjadi salah satu yang diteror pinjol atas nama kawanmu, Ismail menyarankan agar segera blokir saja nomor kontak pinjol tersebut agar tidak lagi menghubungimu.

Penulis: Ardini Maharani DS
Editor: Bam

Related Articles

- Advertisement -

Latest Articles