Pilkada 2024, DPC PDI Perjuangan Pangandaran Buka Pendaftaran Penjaringan Balon Bupati dan Wakil Bupati

DPC PDI Perjuangan Pangandaran buka pendaftaran penjaringan balon bupati dan wakil bupati. dede/ruber.id

BERITA PANGANDARAN – Dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrasi Indonesia atau DPC PDI Perjuangan Pangandaran, Jawa Barat, membuka pendaftaran penjaringan bakal calon bupati dan wakil bupati Pangandaran 2024-2029 untuk Pilkada 2024.

Pendaftaran penjaringan itu dipimpin Ketua DPC PDI Perjuangan Pangandaran Jeje Wiradinata didampingi Sekretaris Riki Zulfikri dan Bendahara Asep Noordin pada Sabtu 6 April 2024.

Jeje mengatakan, tahapan dan mekanisme menentukan calon bupati dan wakil bupati ada prosedurnya. Di mana, tingkat DPC melakukan penjaringan, tingkat DPD melakukan penyaringan dan tingkat DPP melakukan penetapan.

“Pendaftaran mulai sejak 1 April hingga 30 April 2024. Jadwal ini sesuai dengan Surat DPP Nomor 6027 dan Surat DPD Jabar Nomor 2986 tahun 2024 tentang penjaringan bakal calon kepala daerah pada Pilkada 2024,” kata Jeje.

Baca juga:  Bawaslu Sebut ASN di Pangandaran Rentan Terlibat Politik Praktis

Jeje menuturkan, pendaftaran bakal calon kepala daerah baik tingkat provinsi atau tingkat kabupaten/kota dapat dilakukan di DPD PDI Perjuangan Jawa Barat atau DPC PDI Perjuangan di wilayah masing-masing.

“Tingkat provinsi atau kabupaten/kota dapat dilakukan di DPC PDI Perjuangan di wilayahnya masing-masing mulai 1-20 April. Bisa juga mendaftar di DPD PDI Perjuangan Jabar mulai 21-30 April 2024,” tuturnya.

Buka Peluang Calon dari Eksternal

Menurutnya, apabila ingin mendaftar menjadi bakal calon gubernur/wakil gubernur bisa di DPC atau mendaftar sebagai bakal calon bupati. Misalnya bisa di DPD asal sesuai dengan jadwal.

“PDI Perjuangan juga membuka peluang untuk calon dari luar atau eksternal yang merupakan figur atau tokoh masyarakat, kader partai lain juga bisa mendaftar ke PDI Perjuangan,” ujarnya.

Baca juga:  Malam Minggu, 326.521 Lembar Surat Suara Pilpres Tiba di Gudang KPU Pangandaran

Jeje menyebutkan, ke depan partai akan melakukan fit proper test dan mendalami figur atau tokoh yang sudah mendaftar. Baik di DPC maupun DPD untuk mengetahui peta kekuatan masing-masing figur.

“PDI Perjuangan juga membuka diri untuk berkoalisi dengan partai lain dalam Pilkada 2024. Partai telah membentuk tim yang bertugas untuk menjalin komunikasi dengan partai lain di tingkat provinsi dan kabupaten/kota untuk membentuk koalisi,” sebutnya.

Pihaknya berharap seluruh proses ini dapat menghasilkan pemimpin yang berkualitas serta dapat berkontribusi pada pembangunan wilayah Pangandaran ke depannya.