Rabu, 12 Agu 2020

Raperda Penginapan Pemda Hasil Evaluasi Gubernur Dibahas DPRD Pangandaran

Baca Juga

Polres Sumedang Ringkus Begal yang Rampas Motor di Jatinunggal

JATINUNGGAL, ruber.id - Suhana, 35, alias Muning diringkus jajaran Satreskrim Polres Sumedang, Jawa Barat. Warga Dusun Rancamaya, Desa Ciherang,...

Setelah Ringkus 3 Pelaku, Polres Sumedang Amankan Penadah dan 20 Motor

SUMEDANG, ruber.id - Setelah meringkus tiga spesialis Curanmor, Polres Sumedang mengamankan seorang penadah berikut barang bukti 20 unit sepeda motor.

Jaga Kualitas Tanah, Komisi IV DPR RI Imbau Petani di Pangandaran Gunakan Pupuk Organik

PANGANDARAN, ruber.id -- Petani di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, diimbau gunakan pupuk organik saat bertani. Anggota Komisi IV DPR...

Bencana Pergerakan Tanah di Ciamis, Rumah Warga Tambaksari Rusak

TAMBAKSARI, riber.id - Bencana pergerakan tanah terjadi di Dusun Sukamandi RT 02/11, Desa Kadupandak, Kecamatan Tambaksari, Ciamis, Jawa Barat, Sabtu (15/2/2020) sekitar...

Raperda hasil evaluasi Gubernur Jawa Barat dibahas Bapemperda DPRD Pangandaran bersama unsur terkait beberapa waktu lalu, Rabu (12/6/2019). ist/ruang berita

PANGANDARAN, ruber — Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Kabupaten Pangandaran telah membahas rancangan peraturan daerah (Raperda) hasil evaluasi Gubernur Jawa Barat.

Wakil Ketua Bapemperda DPRD Pangandaran Solehudin mengatakan, Raperda tentang retribusi tempat penginapan, pesanggrahan dan vila milik pemerintah daerah (Pemda) telah dibahas.

BACA JUGA: Setelah Dievaluasi Gubernur Jabar, DPRD Pangandaran Selaraskan 2 Raperda

Terlebih, Raperda hasil evaluasi gubernur wajib dibahas oleh unsur anggota Bapemperda dan satuan kerja perangkat daerah (SKPD).

Pembahasan juga dihadiri dari unsur sekretariat DPRD dan sekretariat daerah.

“Sebagaimana yang dimaksud Kemendagri Nomor 80/2015 disebutkan, bahwa Raperda hasil evaluasi harus segera disempurnakan antara Pemda dan DPRD,” katanya kepada ruber, Selasa (18/6/2019).

Solehudin menuturkan, dalam pembahasan Raperda mengenai penginapan milik Pemda ada penghapusan penambahan dasar hukum, pasal dan ayat.

Di antaranya penghapusan pasal 8 ayat 3 yang berbunyi, bahwa retribusi sebagaimana dimaksud pada ayat 2 sudah termasuk pajak.

Lalu, penambahan satu ayat dalam Bab XIV ketentuan pidana pasal 19 yang berbunyi, bahwa denda dimaksud pada ayat 1 merupakan penerimaan negara.

“Dalam rapat juga membahas tarif kamar yang dimiliki Pemkab, Dinas Pariwisata menyebutkan kalau Pemkab hanya memiliki tiga unit bungalow yang ada di Batukaras,” tuturnya.

Namun, kata Solehudin, fasilitas pendukung untuk VVIP hanya sesuai dengan standar lokal.

“Jadi untuk tarif kedepan bisa diperbaiki kalau fasilitas pendukungnya sudah berubah,” ujarnya.

Tak hanya itu, kata Solehudin, jika dinamika pariwisata di Pangandaran sudah berkembang, maka penyesuaian tarif juga harus diberlakukan.

“Secara substansi Raperda hasil evaluasi gubernur tidak ada perubahan, hanya ada penambahan dan pengurangan pada pasal dan ayat,” ucapnya. dede ihsan

Komentar

loading...

Artikel Terbaru

Tips Memilih Gadget Terbaik Sesuai Kebutuhan, Simak!

GADGET, ruber.id - Saat ini perangkat elektronik dan teknologi telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat. Dengan begitu banyak gadget keren yang bermunculan...

Pasien Positif Corona di Sumedang Sembuh 2, Nambah 1 dari Cibugel

SUMEDANG, ruber.id - Pasien positif virus corona di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat yang masih dalam perawatan berkurang 1, Selasa (11/8/2020).

Forum Pemuda Pangandaran Segera Membedah Kebijakan Pembangunan Daerah

PANGANDARAN, ruber.id - Forum Pemuda Pangandaran akan menggelar diskusi mengenai kebijakan pembangunan daerah di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

Segera Diputuskan, Sekolah Tatap Muka di Pangandaran Dimulai Jenjang SD dan SMP

PANGANDARAN, ruber.id - Pemkab Pangandaran, Jawa Barat belum dapat menentukan waktu dimulainya pembelajaran tatap muka di sekolah. Meski demikian, skema belajar siswa...

Hasil Europa League: Man Utd dan Inter Melaju ke Semi Final

SPORT, ruber.id - Manchester United dan Inter Milan melaju ke babak semi final Uefa Europa League (UEL) 2020. Pada...