Perusahaan Inovasi Teknologi Hiber Tech Sumedang Dikenal Hingga Mancanegara

Perusahaan Inovasi Teknologi Hiber Tech Sumedang
Ist/R015/ruber.id

BERITA SUMEDANG, ruber.id – Hiber Tech, perusahan start up yang dimiliki oleh Muhammad Ihsan Ismail (29), warga Desa Citimun, Kecamatan Cimalaka, Kabupaten Sumedang telah dikenal sampai ke mancanegara. Sehingga, membawa harum nama Sumedang.

Perusahaan yang dikelola Ihsan ini, tidak hanya menghasilkan teknologi dan komponen yang dibutuhkan pesawat terbang.

Tetapi juga, berbagai simulator. Seperti simulator mobil, simulator sepeda motor, drone, serta robot dan software yang melengkapinya.

Hal ini, membuat Pj Bupati Sumedang Yudia Ramli penasaran dan berkunjung ke kantornya di Desa Citimun, Kecamatan Cimalaka, Jumat (21/6/2024).

Saat berkunjung, Yudia berkesempatan mencoba simulator mobil dan sepeda motor serta menyaksikan demonstrasi robot yang dilengkapi Artificial Intelligent hasil karya Hiber Tech.

Baca juga:  Yamaha WR 155 R Ready di Sumedang, Jaya Perkasa Motor Apresiasi 7 Pembeli Pertama

“Ini suatu kebanggaan bagi Sumedang yang memiliki putra daerah dengan kemampuan teknologi yang luar biasa.”

“Bahkan, Hiber Tech ini produk software-nya sudah dipesan oleh Malaysia.”

“Selain itu, sudah menjadi mitra Angkatan Udara Republik Indonesia dalam pembuatan drone yang panjangnya mencapai 8 meter,” kata Yudia.

Yudia mengatakan, pihaknya sudah memesan dua unit robot AI tersebut untuk ditempatkan di PPS Sumedang dan di Gedung SCC (Sumedang Creative Center).

“(Robot) ini untuk di front office yang tugasnya untuk menerima tamu yang datang. Robot ini, bisa kita perintah dan mengobrol.”

“Ini, sangat luar biasa. Kita akan simpan di dua tempat di PPS dan Gedung Creative Center. Dinas Kominfosanditik yang akan berkoordinasi terkait ini,” ujarnya.

Baca juga:  Oppo Gandeng Kodak dan Sony, Ciptakan Ponsel Kamera Beresolusi Tinggi

Menurutnya, Ihsan adalah aset berharga Sumedang yang harus didukung oleh pemerintah.

“Kita fasilitasi. Kita akan membuat laboratorium di bekas kantor BRIN di Cilembu Pamulihan. Nanti, kita siapkan tempat untuk Kang Ihsan riset di sana,” kata Yudia.

Yudia menambahkan, di lokasi bekas BRIN tersebut akan dibuat empat laboratorium. Mulai dari laboratorium kopi, tembakau, ubi cilembu dan padi, ditambah riset teknologi.

“Sekalian kita buatkan laboratorium riset teknologi. Mudah-mudahan, kita bisa berkolaborasi untuk pengembangan teknologi ini,” ucapnya.

Untuk Kemajuan Sumedang di Bidang Teknologi

Sementara itu, Muhammad Ihsan Ismail (29) pemilik Hiber Tech mengapresiasi kunjungan Yudia Ramli ke kantornya.

“Semoga, ke depannya kita sebagai perintis dan generasi muda lainnya, karya kita bisa disupport pemerintah daerah. Untuk kemajuan generasi Sumedang di bidang teknologi,” kata Ihsan.