EKBIS  

Perjalanan Membanggakan bank bjb, 62 Tahun Berkontribusi dalam Mengakselerasi Pertumbuhan Ekonomi

62 Tahun bank bjb

BERITA BISNIS, ruber.id – bank bjb di bawah naungan PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (BJBR), merayakan usia 62 pada tahun 2023 ini.

Hal ini, merupakan pencapaian luar biasa bagi sebuah lembaga perbankan untuk bertahan selama puluhan tahun.

Di usia yang semakin matang ini, bank bjb semakin lincah dan berperan penting dalam pertumbuhan ekonomi nasional dan daerah.

Direktur Utama bank bjb Yuddy Renaldi menyampaikan, usia 62 tahun adalah saat yang tepat untuk terus berjuang membangun bangsa dan mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Pada usia ini, bank bjb terus berupaya menyatukan energi dan kolaborasi guna memberikan keunggulan dan manfaat bagi Indonesia.

“bank bjb berkomitmen untuk terus memberikan manfaat dan kebahagiaan bagi Indonesia, terutama di era digitalisasi dan tantangan ekonomi saat ini,” kata Yuddy.

62 tahun bank bjb Happy

Menurut Yuddy, kata kunci yang diusung dalam perayaan ulang tahun ini adalah Happy atau Bahagia.

Kebahagiaan masyarakat Indonesia, memiliki arti yang sangat penting bagi keberadaan bank bjb. Sehingga, bank ini terus memberikan manfaat kepada warga Indonesia.

“bank bjb berkomitmen untuk membuat warga Indonesia #MakinHepi dalam perayaan usia 62 tahun ini,” ujar Yuddy.

Pada usia yang matang ini, bank bjb merayakan perjalanan panjangnya dalam dunia perbankan dengan berbagai acara. Baik yang bersifat internal, maupun yang dirasakan langsung oleh nasabah dan masyarakat.

Salah satu contohnya adalah program #HepiDiskon, di mana bank bjb memberikan kebahagiaan melalui berbagai program diskon selama periode ulang tahun.

Selain itu, melalui program #HepiBerbagi, bank bjb menyebarkan semangat berbagi melalui kegiatan sosial dan amal yang berfokus pada tanggung jawab sosial perusahaan.

Ada juga program #HepiHemat yang menghadirkan berbagai promo dan inovasi produk serta layanan.

Apresiasi Nasabah

bank bjb juga memberikan apresiasi kepada nasabah atas kesetiaan mereka dalam menggunakan berbagai produk unggulan bank bjb. Melalui #HepiLoyality, dengan Customer Loyalty Program (CLP).

Para insan bank bjb yang memberikan kontribusi bagi perusahaan juga mendapatkan penghargaan Legacy Award & Timeless Engagement.

Pada puncak perayaan ulang tahun, bank bjb menggelar program #Hepiversary #HepiDay yang melibatkan berbagai kegiatan.

Seperti #HepiBazar yang melibatkan pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), kegiatan olahraga dengan acara #HepiRun & #HepiRide, serta hiburan dari artis nasional.

Seperti Tulus, Maliq & D’Essentials, KSP Band, Imam Darto, dan Melaney Ricardo sebagai pembawa acara.

Sebelum mencapai puncak acara tersebut, sejumlah kegiatan telah dilakukan di berbagai kota. Termasuk Ketemuone Fest, gelaran Nikah Massal di GOR Patriot Bekasi, kegiatan Donor Darah di kantor pusat, Bersih-Bersih Sungai bersama Pandawara Group dan Serikat Karyawan bank bjb (SEKAR).

Selain itu, apresiasi kepada nasabah yang dilakukan serentak di kantor cabang.

Tidak hanya itu, juga diadakan kegiatan olahraga seperti lomba lari, Liga Basket Junior, dan kompetisi sepak bola.

Kompetisi Video Kreatif

Selama periode perayaan ulang tahun, bank bjb juga melibatkan masyarakat melalui program kompetisi pembuatan video kreatif dengan menggunakan musik Jingel bjb Tandamata. Kompetisi ini mengusung kampanye bersama bank bjb #MakinHepi.

Baca juga:  Launching New Experience DIGI by Bank bjb, Menuju SuperApps dengan Fitur Baru dan DIGI Loan

Tak lupa, dalam perayaan ulang tahun ini, bank bjb memberikan penghargaan kepada insan bank bjb yang telah memberikan kontribusi bagi perusahaan melalui Legacy Award & Timeless Engagement.

Penghargaan tersebut, diberikan kepada mereka yang telah pensiun (Legacy Award), memiliki masa kerja 25 tahun (Timeless Engagement), dan masa kerja 30 tahun (Timeless Engagement).

Selain itu, bank bjb juga memberikan santunan kepada perwakilan yang berhak menerima CSR.

Pada momen puncak perayaan ulang tahun, terdapat rebranding DPLK bank bjb yang kini dikenal sebagai bjb SIAP.

Yuddy menyebutkan, berbagai program yang diselenggarakan oleh bank bjb selama perayaan ulang tahun ke-62 merupakan wujud nyata dari komitmen perusahaan. Untuk memberikan manfaat bagi para pemangku kepentingan dan pemegang saham.

Setiap program dalam perayaan ulang tahun ini juga melibatkan sektor UMKM dengan tujuan memberikan kesempatan kepada UMKM di daerah untuk meningkatkan kualitas dan memperluas pasar.

Seluruh kegiatan tersebut dilakukan dengan pendekatan digital, terutama dalam hal transaksi.

Sehingga masyarakat, pelaku usaha, dan generasi milenial yang hadir semakin terbiasa dengan teknologi keuangan dan semakin inklusif secara finansial.

“bank bjb berkomitmen untuk meningkatkan perekonomian dengan mendorong pemberdayaan UMKM, mendukung digitalisasi, peduli terhadap lingkungan, dan menerapkan tata kelola yang baik,” sebut Yuddy.

Ribuan Kantor Tersebar di 14 Provinsi

Selain fokus pada layanan kredit unggulan, bank bjb juga terus mengembangkan sumber pendapatan. Melalui produk dan layanan berbasis fee based income, ekosistem digital, teknologi, dan manajemen kekayaan.

Saat ini, bank bjb memiliki ribuan kantor yang tersebar di 14 provinsi di Indonesia.

Pada Maret 2023, ekosistem digital bank bjb terus mengalami pertumbuhan pesat dengan jumlah pengguna aplikasi DIGI Mobile sebanyak 1.38 juta pengguna, tumbuh 103%. Dibandingkan tahun sebelumnya.

Kemudian, jumlah merchant QRIS sebanyak 945.9 ribu merchant, tumbuh 70.8% dibandingkan tahun sebelumnya.

bank bjb juga terus menjalin kemitraan bisnis yang lebih luas untuk memperkuat kinerjanya.

Salah satunya, melalui perluasan layanan perbankan melalui Kelompok Usaha Bank (KUB).

bank bjb bekerja sama dengan BPD-BPD yang sehat dan berkinerja baik dalam kelompok usaha ini. Dengan tujuan saling memberikan nilai tambah bagi seluruh anggota kelompok usaha yang berada di bawah naungan bank bjb sebagai perusahaan induk.

bank bjb juga terbuka untuk menjalin kolaborasi dengan BPD lainnya melalui KUB bank bjb.

Infrastruktur Kuat bank bjb di Usia 62 Tahun

Sebagai BPD terbesar di Indonesia, bank bjb memiliki infrastruktur yang kuat dalam hal permodalan, dukungan infrastruktur digital, dan sumber daya manusia yang dapat dimanfaatkan bersama oleh BPD lainnya.

Dengan terobosan-terobosan yang dilakukan, apresiasi yang diberikan, dan kestabilan manajemen, bank bjb optimis kinerja perusahaan ini akan semakin mengesankan di masa depan dalam industri perbankan.

“Dalam usia 62 tahun ini, kami sangat terbuka untuk kolaborasi. Yang akan memberikan manfaat bagi kedua belah pihak dalam kerangka pengembangan bisnis bersama.”

“Setiap terobosan yang kami lakukan adalah komitmen kami untuk terus meningkatkan kualitas dan kinerja kami. Guna memperkuat eksistensi kami di dunia perbankan,” kata Yuddy.

Baca juga:  Eksplorasi Potensi Bisnis di Kabupaten Serang Banten

Berbagai terobosan yang dilakukan oleh bank bjb merupakan bukti nyata dari komitmen perusahaan ini. Untuk terus meningkatkan kualitas dan kinerjanya guna memperkuat keberadaannya di industri perbankan.

Keberhasilan yang dicapai oleh bank bjb dalam usia 62 tahun ini juga tidak lepas dari dukungan nyata yang diberikan oleh pemegang saham. Terutama, Pemerintah Provinsi Jawa Barat sebagai pemegang saham terbesar.

Tidak hanya fokus pada layanan kredit unggulan, bank bjb juga terus mendorong sumber pendapatan lainnya. Melalui produk dan layanan berbasis fee based income, ekosistem digital, teknologi, dan manajemen kekayaan.

Dengan ribuan kantor yang tersebar di 14 provinsi di Indonesia, bank bjb semakin mengokohkan posisinya. Sebagai bank yang kuat dan handal.

Ekosistem Digital Tumbuh Pesat

Per Maret 2023, bank bjb melaporkan pertumbuhan pesat dalam ekosistem digitalnya. Dengan peningkatan jumlah pengguna aplikasi DIGI Mobile sebesar 103% dibandingkan tahun sebelumnya, mencapai 1.38 juta pengguna.

Selain itu, jumlah merchant QRIS juga mengalami peningkatan signifikan sebesar 70,8%, mencapai 945,9 ribu merchant.

Melalui program-program inovatif dan kolaborasi yang kuat, bank bjb terus berkomitmen untuk mendukung perekonomian dan pemberdayaan UMKM. Mendorong digitalisasi, peduli terhadap lingkungan, serta menerapkan tata kelola yang baik.

Tak hanya itu, bank bjb juga terus meningkatkan kinerjanya dengan berbagai upaya. Seperti inovasi produk, pengelolaan risiko yang hati-hati, penguatan infrastruktur teknologi, dan peningkatan efisiensi operasional.

Semua ini, dilakukan agar bank bjb tetap menjadi mitra yang handal bagi masyarakat dan stakeholder lainnya.

Dukungan untuk Sektor UMKM

Dalam menjalankan peran dan fungsinya sebagai bank pembangunan daerah, bank bjb senantiasa berupaya untuk memberikan kontribusi nyata. Dalam mempercepat pertumbuhan ekonomi, baik pada skala nasional maupun daerah.

Dukungan yang diberikan kepada sektor UMKM menjadi salah satu contoh nyata dari komitmen bank bjb dalam memberdayakan perekonomian lokal.

Melalui program-program seperti #HepiDiskon, #HepiBerbagi, dan #HepiHemat, bank bjb memberikan kebahagiaan. Dan manfaat kepada masyarakat serta memberikan peluang bagi UMKM untuk berkembang dan memperluas pasar.

Selain itu, bank bjb juga memberikan apresiasi kepada nasabah yang setia melalui program #HepiLoyality.

Kemudian, kepada karyawan bank bjb yang telah memberikan kontribusi melalui Legacy Award & Timeless Engagement.

Hal ini, menunjukkan kepedulian bank bjb terhadap seluruh pihak yang turut berperan dalam kesuksesan perusahaan.

Pada puncak perayaan ulang tahun yang spektakuler, bank bjb menggelar berbagai kegiatan. Seperti #Hepiversary #HepiDay.

Dalam acara ini, para pelaku UMKM dapat berpartisipasi melalui #HepiBazar, sementara kegiatan olahraga seperti #HepiRun & #HepiRide turut memeriahkan acara ini.

Hiburan dari artis nasional seperti Tulus, Maliq & D’Essentials, KSP Band. Serta kehadiran Imam Darto dan Melaney Ricardo sebagai host semakin melengkapi keseruan perayaan ulang tahun bank bjb.

Gelar Acara di Berbagai Kota

Tidak hanya itu, sebelum mencapai puncak acara, bank bjb juga telah mengadakan serangkaian kegiatan di berbagai kota.

Seperti Ketemuone Fest, gelaran Nikah Massal di GOR Patriot Bekasi, kegiatan Donor Darah, Bersih-Bersih Sungai. Bersama Pandawara Group dan Serikat Karyawan bank bjb (SEKAR), serta apresiasi kepada nasabah di berbagai kantor cabang.

Baca juga:  Raih Pendapatan Tinggi, bjb Masuk 10 Bank Terbesar versi Fortune Indonesia 100

Dalam rangkaian ini, juga diselenggarakan berbagai kegiatan olahraga seperti lari, Liga Basket Junior, dan Kompetisi Sepak Bola.

Dalam rangka memperluas partisipasi masyarakat, bank bjb juga melibatkan mereka. Melalui program kompetisi pembuatan video kreatif dengan menggunakan musik Jingel bjb Tandamata.

Kompetisi ini, diadakan sebagai bagian dari kampanye #MakinHepi, yang mengajak masyarakat untuk berbagi kebahagiaan dan semangat dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Perluas Jangkauan Bisnis

Dalam rangka memperkuat kinerjanya, bank bjb terus meluaskan jangkauan bisnisnya melalui aliansi dengan pihak lain.

Salah satunya, melalui kerjasama dengan BPD-BPD yang sehat dan berkinerja baik melalui “Kelompok Usaha Bank”.

Dengan adanya sinergi ini, bank bjb dan BPD-BPD lainnya saling memberikan nilai tambah. Bagi anggota kelompok usaha di bawah naungan bank bjb sebagai perusahaan induk.

bank bjb sangat terbuka bagi BPD lain yang ingin berkolaborasi. Melalui Kelompok Usaha Bank (KUB) untuk memperkuat perekonomian dan kemajuan bersama.

Sebagai Bank Pembangunan Daerah terbesar di Indonesia, bank bjb memiliki infrastruktur yang kuat. Modal yang memadai, dukungan infrastruktur digital yang canggih, serta sumber daya manusia yang profesional.

Semua ini, dapat dimanfaatkan bersama dengan BPD-BPD lain untuk memajukan sektor perbankan daerah dan mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih inklusif.

bjb SIAP

Pada momen perayaan ulang tahunnya yang ke-62 ini. bank bjb juga melakukan rebranding DPLK (Dana Pensiun Lembaga Keuangan) menjadi bjb SIAP.

Langkah ini merupakan bentuk komitmen bank bjb dalam terus berinovasi dan beradaptasi dengan perubahan zaman serta kebutuhan nasabah.

Melalui bjb SIAP, bank bjb akan terus memberikan layanan terbaik dalam pengelolaan dana pensiun bagi nasabahnya.

Yuddy menegaskan bahwa semua langkah dan inovasi yang dilakukan bank bjb merupakan komitmen perusahaan. Untuk terus meningkatkan kualitas dan kinerja guna memperkuat kehadirannya di dunia perbankan.

Dengan menjaga kualitas aset, memperkuat tata kelola yang baik, mendukung pemberdayaan UMKM, dan mendorong digitalisasi. bank bjb akan terus menjadi mitra yang andal dalam mendorong pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Komitmen Membangun Ekonomi Berkelanjutan

Di usia yang ke-62 tahun, bank bjb tetap berkomitmen untuk membangun ekonomi yang kuat, inklusif, dan berkelanjutan.

Dengan mengambil peran sebagai Tandamata bagi negeri, bank bjb akan terus berinovasi, bersinergi dengan mitra bisnisnya.

Selain itu, memberikan manfaat yang nyata bagi para stakeholder, termasuk masyarakat luas dan pemegang saham.

Sebagai salah satu lembaga keuangan yang memiliki sejarah panjang, bank bjb telah membuktikan ketangguhannya dan kontribusinya dalam mengakselerasi pertumbuhan ekonomi.

Dalam perjalanan 62 tahun ini, bank bjb telah menjadi pelaku utama dalam membangun dan memperkuat perekonomian Indonesia. Terutama di wilayah Jawa Barat dan Banten.

Dengan semangat yang terus membara, bank bjb siap menghadapi tantangan masa depan dan terus memberikan kontribusi yang berarti bagi kemajuan ekonomi nasional dan daerah.