23.4 C
Indonesia
Kamis, September 23, 2021
spot_img

Ini Peran Penting Kaca Spion Mobil yang Wajib Diketahui

BERITA OTOMOTIF, ruber.id – Bagi mobil tidak adanya kaca spion seperti mata yang tidak berfungsi salah satunya. Karena indra dari pengemudi sangat terbatas.

Makanya para pengemudi mobil memerlukan bantuan untuk mengamati keadaan sekitar mobil saat berkendara. Nah di sinilah peran penting dari kaca spion tersebut. Membantu pengemudi mobil mengamati daerah sekitar.

Dengan spion, pengemudi bisa melihat sebelah kanan dan sebelah kiri mobil yang mereka kemudikan. Sehingga pengemudi dapat memprediksi ketika hendak mengambil keputusan saat berkendara.

Misalnya seperti saat berbelok atau ingin memutar balik. Karena memiliki peranan penting, maka ketiadaan alat bantu tersebut pada kendaraan Anda adalah kesalahan fatal. Kamu tidak bisa mengemudi dengan baik tanpa kaca spion.

BACA JUGA:  Apa Itu Blind Spot? Simak Penjelasan dan Cara Menghindarinya
BACA JUGA:  Ganti Busi Secara Berkala Menjaga Performa Mesin Motor

Bahkan bahaya yang lebih mengerikan tidak dapat dihindarkan. Berbicara perihal kaca spion, ada berbagai jenisnya yang sering dipasang pada mobil-mobil.

Kaca spion tersebut memiliki peranan penting masing-masing. Satu dengan lainnya saling melengkapi. Nah untuk lebih jelasnya, berikut ini peranan penting dari kaca-kaca spion tersebut.

Fungsi 3 Kaca Spion pada Mobil

Kaca Spion Luar
Melihat dari namanya saja kita sudah tahu di mana posisi spion tersebut di mobil. Kaca spion ini terletak di luar. Fungsi dari kaca ini adalah membantu pengemudi melihat keadaan samping mobil. Apakah ada kendaraan lain atau tidak.

Dari sekian alat bantu penglihatan itu, kaca spion luar memiliki peranan yang paling penting. Karena dapat menjadi mata ketiga bagi pengemudi yang tidak bisa menjangkau keadaan di sekitar mobil dengan matanya sendiri.

BACA JUGA:  Kebiasaan Ini Bisa Membuat Malu saat Mengendarai Mobil Matik

Kaca Spion Dalam
Kaca spion yang kedua ini letaknya ada di dalam, tepatnya menempel di kaca atas dan menggantung tepat di tengah tempat duduk paling depan. Kaca ini berfungsi untuk melihat keadaan yang ada di belakang mobil.

BACA JUGA:  Ini Keuntungan Kredit Mobil Bekas, Intip Penjelasannya

Kaca ini dapat dibilang sebagai pelengkap kedua kaca spion luar yang tidak bisa melihat keadaan belakang mobil secara utuh.

Kaca Spion Tambahan
Beberapa perusahaan mobil memang sengaja membekali mobil mereka dengan kaca spion tambahan. Biasanya kaca tersebut berbentuk sangat kecil dan menempel di kaca spion luar.

Kaca ini berfungsi untuk membantu pengemudi mengawasi ban mobil mereka. Apakah masih berada di jalan atau sudah menginjak bagian luar jalan. Kaca ini cocok untuk para pemula.

BACA JUGA:  Ganti Busi Secara Berkala Menjaga Performa Mesin Motor

Nah dari beberapa ulasan bentuk kaca spion dan perannya tersebut, sebaiknya kita tetap memasang kaca spion pada mobil kita bukan untuk apa-apa. Tetapi untuk menjaga diri saat berkendara di jalanan. (CW-06/khairul anam)

BACA JUGA:  Jangan Tertipu, Ini Cara Membedakan Oli Asli atau Palsu

BACA JUGA: Timbul Jamur pada Kaca Mobil? Begini Cara Ampuh Membersihkannya

Related Articles

- Advertisement -

Latest Articles