Penyebab Longsor Sumedang, Polisi Libatkan Tim Ahli

Penyebab Longsor Sumedang, Polisi Libatkan Tim Ahli

BERITA SUMEDANG, ruber.id – Polres Sumedang akan melibatkan tim ahli dan pihak terkait lainnya untuk mengungkap penyebab longsor yang berpusat di Leuweung Kadu, Desa Ciherang, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang, Sabtu (15/1/2022) lalu.

Senin (17/1/2022), Kapolres Sumedang AKBP Eko Prasetyo Robbyanto bersama tim ahli dan unsur terkait lainnya melakukan mengecekkan langsung ke lokasi tebing longsor.

Yaitu di Blok Leuweung Kadu, Dusun Rancamaya, Desa Ciherang, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang.

Eko menjelaskan, pengecekkan secara langsung ke lokasi ini untuk mengetahui secara langsung. Terkait penyebab terjadinya tanah longsor di Ciherang, Sumedang ini.

“Apakah ini penyebabnya karena faktor alam, ataukah ada faktor lain yang menyebabkan tebing longsor, masih dalam kajian,” ungkapnya.

Baca juga:  Warga Sumedang Tak Bangga Berpelat Z, Bagi Hasil Pajak Minim

Eko memastikan, saat ini penyebabnya masih dalam proses penyelidikan. Dengan meminta keterangan dari ahli, dan pihak terkait lainnya.

“Kajian juga perlu untuk mengantisipasi kembali terjadi longsor di lokasi pada masa yang akan datang. Khususnya, ketika musim penghujan,” ucapnya.

Oleh karena itu, Eko mengimbau pihak-pihak yang tidak memiliki kapasitas dalam menentukan penyebab longsor. Agar dapat menahan diri untuk mengeluarkan statement yang dapat meresahkan warga.

“Kami imbau pihak yang tidak memiliki kapasitas untuk berbicara, agar menahan diri mengeluarkan statement yang dapat merugikan diri sendiri. Dan dapat menimbulkan keresahan di tengah masyarakat.”

“Terkait penyebab longsor yang terjadi di Ciherang, Sumedang ini,” tegasnya.

Penulis/Editor: R003