Penyebab Kebakaran pada Kendaraan Bermotor dan Cara Menghindarinya

Penyebab Kendaraan Bermotor Terbakar dan Cara Menghindarinya
Penyebab kendaraan bermotor terbakar dan cara menghindarinya. dedi/ruber.id

BERITA OTOMOTIF, ruber.id – Kebakaran pada kendaraan bermotor memang jarang terjadi, namun bukan berarti pemilik kendaraan tidak perlu tahu atau malah abai, terhadap kemungkinan bahaya tersebut.

Kebakaran yang terjadi pada kendaraan bermotor, baik roda empat maupun roda dua. Pada prinsipnya terjadi akibat adanya kebocoran arus listrik, kemudian adanya aliran bahan bakar yang mengalir tidak sesuai dengan semestinya.

Menurut data yang dihimpun ruber.id, dapat disimpulkan bahwa kebakaran pada kendaraan bermotor dapat terjadi akibat adanya korsleting arus pada kelistrikan.

Secara teknis, arus korsleting menyebabkan terjadinya panas. Energi panas yang berlebihan dapat menyebabkan kabel sebagai media rambatnya meleleh hingga terbakar.

Hal tersebut, dapat dicegah dengan mengaktifkan sikring, sebagai media pemutus arus saat terjadi arus korslet.

Baca juga:  Hati-hati, Charge Ponsel Bisa Meledak Saat Dipakai

Kemungkinan lain yang berkenaan dengan bahan bakar, dapat terjadi kebakaran atau ledakan ketika ada pematik.

Seperti contoh, percikan bunga api yang keluar dari kabel yang putus dan mengenai media lain. Sehingga menghasilkan percikan bunga api tersebut.

Pun belum cukup menimbulkan kebakaran, dalam hal ini harus ada bahan bakar yang menyambar atau mendekati percikan. Sehingga terjadi kebakaran.

Peristiwa yang paling mungkin terjadi pada kendaraan bermotor, khususnya roda dua, percikan bunga api ditimbulkan oleh kebocoran di areal busi.

Sedangkan, beberapa motor memiliki tangki tepat di atasnya, lebih dekat, terdapat karburator yang posisinya berada di antara busi dan tangki.

Demikian, hal tersebut menyudutkan analisa kebakaran terhadap pentingnya karet pelindung yang menghubungkan busi dengan kabel koil. Tentu, agar membuat percikan busi terarahkan.

Baca juga:  Mantan Penyelenggara Pemilu Jadi Timses Capres, Bawaslu Sumedang: Tidak Ada Masalah

Di sisi lain, hal itu berfungsi guna terjadinya pembakaran pada mesin kendaraan. Jika bocor pada bagian busi, maka pembakaran pun tidak akan optimal.

Kasus Kebakaran pada Kendaraan Bermotor