GARUT  

Pemkab Garut Targetkan Indeks Reformasi Birokrasi Raih Predikat BB

Pemkab Garut Targetkan Indeks Reformasi Birokrasi Raih Predikat BB

BERITA GARUT, ruber.id – Pemkab Garut menargetkan, indeks Reformasi Birokrasi (RB) tahun depan, menjadi Predikat BB.

Bupati Garut Rudy Gunawan menyampaikan hal ini saat memberikan paparan dalam acara Evaluasi Implementasi SAKIP (Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan) dan Reformasi Birokrasi Pemerintah Daerah Kabupaten Garut.

Kegiatan tersebut berlangsung di Aula Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Garut, Jalan Patriot, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Rabu (10/8/2022).

Saat ini, berdasarkan hasil evaluasi pelaksanaan reformasi birokrasi tahun 2021, indeks RB Pemkab Garut Tahun 2021 berada di angka 66.65 dengan kategori B.

“Kita dengan nilai yang ada sekarang ini masih di angka 63 lebih (dengan) kategori baik. Nah, tentu kita berharap tahun depan mengalami kenaikkan (angka) yang signifikan, dan menjadi kategori BB,” ujarnya.

Baca juga:  Pernikahan Mantan Bupati Garut Aceng Fikri di Hari Kartini Viral di Media Sosial

Senada dengan Bupati Rudy, Kepala Bappeda Garut juga Plh. Sekretaris Daerah (Sekda) Garut, Didit Fajar Putradi menuturkan, pihaknya optimistis. Bahwa, indeks nilai RB Pemkab Garut akan terus membaik.

Terlebih, kata Didit, perjalanan reformasi birokrasi di Kota Intan ini terus mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang sangat signifikan.

“Banyak beberapa perubahan yang mau tidak mau, diakui atau tidak diakui nyatanya memang ada perubahan ke arah yang lebih baik.”

“Perubahan itu memang di-manage, jadi kita juga melihat ada manajemen perubahan yang dilakukan secara sistematis.”

“Secara terencana dengan ukuran-ukuran capaian target kinerja yang memang benar-benar dirumuskan secara terukur begitu ya,” tuturnya.

Didit mengungkapkan, semua pihak, khususnya yang ada di lingkungan Pemkab Garut berkomitmen dalam implementasi reformasi birokrasi ini.

Baca juga:  Pulang dari Jakarta ke Garut, Warga Sukaresmi Meninggal Dunia

“Semuanya sudah menjadi paduan suara yang baik gitu ya. Inikan salah satu gambaran (atau) deskripsi bahwa kita semuanya berkomitmen tinggi untuk melaksanakan reformasi birokrasi.”

“Dan hasilnya pun, Insya Allah, nanti kita akan rasakan sama-sama untuk perbaikan yang terus menerus ke depan,” ucapnya.

Pelaksanaan Evalyasi Implementasi SAKIP dan Reformasi Birokrasi Pemerintah Daerah Kabupaten Garut, yang dilaksanakan di Aula Bappeda Garut, Jalan Patriot, Tarogong Kidul, Garut, Rabu (10/8/2022). ist/ruber.id