Minggu, 27 Sep 2020

Pemkab Dorong Produk UMKM dan IKM di Pangandaran Tembus Pasar Global

Baca Juga

Pencari Kayu Bakar Ditemukan Tewas di Curug Sawer

KBB, ruber -- Yayat, 63, ditemukan tewas di Curug Sawer di Desa Karangtanjung Kecamatan Cililin, Kabupaten Bandung Barat. BACA JUGA: Korban Tenggelam di Pantai Cipalawah...

Profil Desa Padamulya Garut: Konsen Bangun Infrastruktur dan Ekonomi Kerakyatan

Profil Desa Padamulya Garut: Konsen Bangun Infrastruktur dan Ekonomi Kerakyatan GARUT, ruber.id -- Desa Padamulya, Kecamatan Pasirwangi, Kabupaten Garut, Jawa Barat, merupakan salah satu desa...

Atlet Kota Banjar Minim Perhatian Pemerintah

KOTA BANJAR, ruber -- Dua atlet badminton usia 6-12 tahun di Kota Banjar menjanjikan prestasi. Namun sayang, dukungan pemerintah untuk mendongkrak kemampuan atlet sejak dini...

Starbak, Dirintis Mahasiswa STIE Sumedang Jadi Bisnis Menjanjikan

SUMEDANG, ruber.id -- Sarjana martabak atau Starbak merupakan produk martabak yang memiliki ukuran mini serta berbagai varian rasa unik. TONTON VIDEO LIPUTANNYA, VISIT: Starbak, Sarjana...

PANGANDARAN, ruber.id – Pemkab Pangandaran, Jawa Barat dorong produk UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) dan IKM (Industri Kecil dan Menengah) tembus pasar global.

Salah satu bentuk keseriusan Pemkab Pangandaran dalam mendorong produk UMKM dan IKM adalah menggelar rapat koordinasi dengan pelaku usaha.

Kasubag Perekonomian Sekretariat Daerah (Setda) Pangandaran Galih Avomegi mengatakan, pihaknya telah menampung keluhan dan kendala pelaku usaha. Mulai dari produksi hingga pemasaran.

“Sekitar 50 orang pelaku usaha se kabupaten yang hadir diberi motovasi dan strategi,” kata Galih usai rapat koordinasi di Setda Pangandaran, Senin (3/8/2020).

Lalu, pihaknya memberikan peluang potensi agar produknya bisa bersaing di pasar. Salah satu upayanya adalah dengan memanfaatkan sarana pasar online Pangandaran.

Sementara, Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata menyebutkan, berdasarkan data Badan Statistik (BPS) tahun 2019, menunjukkan sumber pertumbuhan ekonomi tertinggi adalah bidang perdagangan.

Data Badan Pusat Statistik (BPS)

Data BPS menunjukkan bidang perdagangan menempati nilai 1.39; kontruksi 0.84; akomodasi 0.81; pertanian 0.80; transportasi 0.75.

Kemudian, industri 0.32; real estate 0.29; jasa pendidikan 0.27; komunikasi 0.19; jasa lainnya 0.17 dan lain-lain menempati nilai 0.12.

“BPS juga menunjukkan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) di Kabupaten Pangandaran mengalami kenaikan. Sejak tahun 2015 hingga 2019,” sebutnya.

PDRB atas dasar harga berlaku di Pangandaran pada tahun 2015 tercatat 8.16; tahun 2016 tercatat 8.683; tahun 2017 tercatat 9.401; tahun 2018 tercatat 10.37; tahun 2019 tercatat 11.32.

“Pembangunan infrastruktur dan kesehatan serta pendidikan di Pangandaran hampir rampung. Maka, yang akan kami maksimalkan ke depan adalah bidang perekonomian,” ujarnya.

Jeje menambahkan, hal teknis yang menjadi kendala bagi pelaku UMKM dan IKM di antaranya uji laboratorium makanan.

Maka dari itu, Pemkab sudah merencanakan di tahun 2021 untuk membeli alat uji tersebut.

“Kami berharap dengan adanya alat uji nanti dapat mempermudah akses pelaku usaha untuk memeriksakan produknya yang akan dijual,” tambahnya.

Dirinya mengimbau, kepada masyarakat Pangandaran untuk menggunakan produk lokal dalam rangka memulihkan perekonomian. (R001/smf)

BACA JUGA: Pelaku UMKM di Pangandaran Mengalami Peningkatan Setelah Ikuti Pelatihan

Komentar

loading...

Artikel Terbaru

Kasus Positif COVID-19 Kabupaten Tasik Tambah 15 Orang dalam Sepekan

BERITA TASIKMALAYA, ruber.id - Kasus konfirmasi positif COVID-19 di Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat terus bertambah. Sebelumnya, kasus konfirmasi COVID-19...

30 Pasien Positif COVID-19 Sumedang Masih Jalani Perawatan

BERITA SUMEDANG, ruber.id - Kasus konfirmasi COVID-19 di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat masih terus bertambah. Hingga Sabtu (26/9/2020) total...

Kasus Konfirmasi COVID-19 Kota Tasikmalaya Melonjak, 7 Pasien Meninggal

BERITA TASIKMALAYA, ruber.id - Kasus konfirmasi COVID-19 di Kota Tasikmalaya, Jawa Barat terus melonjak, dalam sepekan terakhir. Selain itu,...

Jadwal Serie A: Inter vs Fiorentina, Roma vs Juventus

BERITA SPORTS, ruber.id - Laga perdana Inter Milan di Liga Italia Serie A akan berlangsung di San Siro, Minggu (26/9/2020) dini hari...

Perda APBD 2021 Pangandaran Disahkan

BERITA PANGANDARAN, ruber.id - Peraturan Daerah (Perda) Anggaran Pendapatan Belanjaan Daerah (APBD) tahun 2021 Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat resmi disahkan.