KPU Pangandaran Sebut Pilpres dan Pilkada Digelar Tahun 2024

kpu pangandaran
KPU Pangandaran mengabarkan Pilpres dan Pilkada digelar tahun 2024. foto net/ruber.id

BERITA PANGANDARAN, ruber.id – Ketua Komisi Pemilihan Umum atau KPU Pangandaran Muhtadin menyebut tahun 2024 merupakan tahun politik. Yakni Pemilu Presiden, Legislatif dan Pilkada serentak 2024.

Untuk diketahui, sebelumnya, Komisi II DPR RI, pemerintah, serta penyelenggara Pemilu telah mengadakan rapat untuk membahas
Pemilu 2024 pada Kamis (3/6/2021).

Adapun penyelenggara Pemilu yang terlibat meliputi KPU, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), serta Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP).

Muhtadin mengatakan, hasil konsinyering atau mengumpulkan pegawai di suatu tempat tersebut menyepakati pelaksanaan Pemilu digelar pada tahun 2024 mendatang. Termasuk Kabupaten Pangandaran.

“Keputusan disepakati pada rapat bersama Komisi II, Pemerintah, KPU, Bawaslu dan DKPP,” kata Muhtadin saat dihubungi melalui sambungan telepon, Senin (7/6/2021).

Baca juga:  Penanganan Dugaan Pelanggaran Pilkada Pangandaran Dihentikan

Setelah pelaksanaan Pemilu Presiden dan Legislatif, kata Muhtadin, juga bakal digelar Pilkada untuk daerah atau kabupaten/kota yang menggelar Pilkada pada tahun 2020.

“Tahapan Pemilu mendatang akan dimulai 25 bulan sebelum pelaksanaan. Sedangkan untuk dasar pencalonan Pilkada 2024 akan didasarkan pada hasil Legislatif 2024,” ujarnya.

Kendati begitu, KPU Pangandaran masih menunggu pengumuman resmi dan arahan dari KPU RI. Lantaran tanggal pelaksanaan Pilpres, Pileg dan Pilkada belum bisa dipastikan.

“Harapan kami Pemilu dan Pilkada di tahun yang sama bisa diikuti dengan kesiapan yang matang secara teknis. Masyarakat juga harus berpartisipasi aktif dalam pesta demokrasi,” tuturnya.

Mengutip dari berbagai sumber, jadwal Pilpres dan Pileg akan dilaksanakan pada Rabu, 28 Februari 2024. Sedangkan Pilkada serentak disepakati akan dilaksanakan pada Rabu, 27 November 2024. (R001/smf)

Baca juga:  Nama Calon Anggota DPRD Pangandaran yang Mundur Tertera di Surat Suara, Ini Penjelasan KPU

BACA JUGA: Pemilu 2024, PDI Perjuangan Pangandaran Targetkan Perolehan Suara 50%