Pantai Pangandaran, Tempat Untuk Liburan dan Belajar

Pantai Barat Pangandaran. doc ig @mulkisalman

BERITA PANGANDARAN, ruber.id – Pantai Pangandaran memiliki pasir pantai yang putih dan air laut yang jernih. Kedua pesona ini akan menyambut kedatangan pertama Anda di kawasan Pantai Pangandaran.

Pantai Pangandaran memiliki hamparan pantai yang luas. Kawasan ini terdiri dari dua bagian, yakni Pantai Barat dan Pantai Timur.

Keduanya dipisahkan oleh sebuah teluk. Bagian Pantai Barat memiliki karakteristik lereng yang lebih landai, jika dibandingkan dengan Pantai Timur.

Biasanya Pantai Barat lebih banyak dikunjungi wisatawan. Kemudian di sore hari, Anda bisa menikmati indahnya matahari terbenam.

Sementara di Pantai Timur, Anda akan menemukan lebih banyak kolam ikan. Pasirnya kurang dan ada dermaga yang di daratan menjorok ke arah laut.

Perjalanan ke Pantai Pangandaran

  1. Jika dari arah Jakarta menuju Pangandaran (355 km), Anda bisa menggunakan bus Kampung Rambutan-Pangandaran. Atau bisa menggunakan bus langsung ke terminal Pangandaran yang cuma berjarak 300 meter dari pintu kemudian masuk ke pantai. Kemudian bisa berjalan kaki atau menggunakan becak.
  2. Bandung ke Pangandaran (236 km), naik bus Bandung-Pengandaran. Bus yang melayani ada dua pilihan, AC dan Non-AC. Anda juga bisa menggunakan jasa transportasi mini bus.
  3. Jika Anda pergi dari Yogyakarta ke Pangandaran (385 km), naik bus Yogyakarta-Cilacap-Kalipucang-Pangandaran.
  4. Jika memiliki kendaraan pribadi, gunakan jalur yang sama seperti yang tadi dibahas.
  5. Juga bisa menggunakan jasa Tour & travel untuk perjalanan ke Pangandaran dan sekitarnya.

Tiket Masuk Pantai Pangandaran

  • Pejalan Kaki 1 (satu) orang Rp.6.000,-
  • Sepeda Motor Rp14.000,-
  • Jeep/Sedan Rp37.500,-
  • Mini Bus Kecil Rp65.000,-
  • Minibus Besar Rp92.500,-
  • Bus Kecil Rp126.000,-
  • Bus Sedang Rp188.000,-
  • Bus Besar Rp310.000,-
Baca juga:  CHSE Jadi Prinsip Pemulihan Wisata Body Rafting Ciwayang

Aktivitas Wisata di Pantai Pangandaran

Snorkeling dan Menyelam Kulit
Permainan yang cukup terkenal, terutama di pantai tropis dan tempat menyelam yang dangkal.

Penyelam juga dapat mengamati berbagai macam hewan yang ada di bawah laut. Ada dua spot snorkeling di Pangandaran, yang pertama ada di Pantai Barat Pangandaran.

Untuk spot kedua terletak di pesisir timur Pangandaran. Keduanya menawarkan keindahan berupa taman laut, terumbu karang dan ikan-ikan cantik.

Berselancar
Pangandaran dengan banyak pantainya yang menawan juga memiliki pantai untuk aktivitas selancar, seperti Pantai Barat depan Hotel Malabar.

Meskipun ada pantai yang digunakan untuk berselancar di Pangandaran, namun Pantai Batukaras sangat cocok untuk para peselancar.

Ombaknya yang cukup tinggi dan keistimewaan pantai ini memikat para peselancar untuk berlatih di pantai tersebut.

Konservasi Mangrove
Ekosistem hutan Mangrove unik karena hanya ada beberapa jenis tumbuhan yang bertahan hidup di tempat seperti ini.

Di Pangandaran, ada 2 lokasi yang bisa kamu ‘adopsi’ mangrove. Lokasinya adalah Sanghiangkalang dan yang kedua terletak di Bulaksetra.

Dengan kegiatan donasi mangrove, pengunjung dapat mempelajari tentang hutan dan juga berfungsinya bagi lingkungan, serta berbagai pengetahuan lain yang berkaitan dengan ekosistem mangrove. Menanam mangrove dengan tangan sendiri sangat cocok bagi Anda yang ingin berwisata sambil belajar.

Surga Tersembunyi di Pantai Madasari
Pantai ini menawarkan pesona alamnya yang masih asri dan belum tercemar. Pantai ini memiliki sejuta pesona yang dapat menarik wisatawan, dengan keindahan alamnya yang sangat indah dan menawan.

Wisatawan akan disuguhi pemandangan yang menakjubkan dan udara yang masih sangat segar. Kawasan tersebut masih tertata rapi secara alami. Karena itulah disebut sebagai surga tersembunyi di Kabupaten Pangandaran.

Baca juga:  Minimalkan Kebocoran Retribusi Wisata, Jalur Terobosan ke Pantai Pangandaran Diperketat

Seperti pantai yang sudah ditetapkan sebagai kawasan wisata. Pantai Madasari merupakan pantai yang menjadi pilihan tepat bagi wisatawan.

Yang ingin merasakan suasana pantai yang tenang dan nyaman. Untuk berlibur dan beristirahat sambil menikmati pemandangan yang masih sangat alami.

Pantai ini memiliki keindahan dan bukit karang tersebar di sepanjang pantai. Ombak merupakan sajian alam yang menarik perhatian wisatawan. Pantai ini juga dikelilingi oleh pulau kecil.

Pulau-pulau yang menjadi menarik wisatawan di Pantai Madasari ini terletak beberapa kilometer dari bibir pantai. Pulau-pulau tersebut menyuguhkan pemandangan yang luar biasa, memiliki bebatuan yang sangat indah.

Bebatuan tersebut menjadi magnet tersendiri bagi para wisatawan, khususnya pecinta foto untuk menghasilkan gambar yang bagus.
Tempat yang cocok untuk objek fotografi.

Apalagi ditemani deburan ombak yang menghiasi, langit yang indah dan alam yang menakjubkan, serta pasir pantai yang bersih. Sudah pasti Anda akan mendapatkan foto yang indah dan menarik.

Ada Pulau Kecil yang Tersebar di Sepanjang Garis Pantai Madasari

Pulau-pulau tersebut memiliki nama sendiri, antara lain Pulau Duduk, Pulau Sodong Gede, Pulau Gedogan, Pulau Karang Seugeuh.

Pulau Batuleuit, Pulau Karang Tambaga, Pulau Kalapa Satangkal, Pulau Manggar, Pulau Cangkore, Pulau Bale Kambang, dan Legok Bancet.

Merupakan pulau yang cukup terkenal yang menjadi daya tarik utama Pantai Madasari. Pulau tersebut bernama Batuleuit. Batuleuit menjadi ikon Pantai Madasari.

Sebagai ikon yang sudah dikenal banyak wisatawan, Batuleuit merupakan lokasi yang sering dijadikan sebagai latar selfie. Bahkan, banyak pecinta fotografi datang hanya untuk memotret pulau ini.

Baca juga:  Bupati Jeje: Sejak Memimpin Pangandaran, Saya Tolak Izin untuk Mall dan Toko Modern

Kegiatan di Pantai Madasari

Pantai ini merupakan salah satu pantai yang cukup terkenal dan juga memiliki ombak besar yang cocok untuk para wisatawan yang hobi berselancar.

Kondisi ombak yang cocok untuk para peselancar, membuat kawasan wisata pantai ini tidak diperuntukan untuk berenang disini. Hal ini dikarenakan letak pantai yang berhadapan langsung dengan laut lepas.

Sebagai lokasi yang cocok bagi para peselancar, Pantai Madasari sering dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara untuk berselancar.

Banyak peselancar asing yang sengaja datang ke Pantai Madasari untuk menikmati ombak besar. Ombak besar yang dikenal cukup liar dan tidak beraturan itu sangat digemari para peselancar.

Selain ombaknya yang menarik, camping juga menjadi daya tarik bagi wisatawan. Ada jasa sewa tenda yang siap digunakan wisatawan. Hal ini untuk memudahkan wisatawan yang ingin bermalam menikmati keindahan laut di malam hari.

Banyak masyarakat yang sengaja datang ke Pantai Madasari untuk melakukan acara tertentu dan bermalam mendirikan tenda.

Pengunjung memang bisa menggunakan fasilitas Pantai Madasari untuk mengadakan acara dan menjadikan Pantai Madasari sebagai lokasi acara.

Pengunjung dapat menghubungi pemerintah setempat untuk mendapatkan izin terlebih dahulu.
Pantai Madasari juga merupakan spot yang bagus untuk menikmati sunrise atau matahari terbit.

Pemburu foto juga wajib mengabadikan momen tersebut. Keindahan panorama alamnya dapat membuat wisatawan terkesan dan mendapatkan pengalaman yang tak terlupakan.

Itulah cerita singkat tentang Pantai Madasari, surga tersembunyi di Kabupaten Pangandaran.

Jika anda sedang traveling yang akan berlibur ke pantai ini dan sambil belajar, jangan lupa ajak keluarga, sahabat, sahabat, dan orang terdekat anda.

Penulis/Editor: R002