CIAMIS  

Ngabuburit Asyik di Jambansari Ciamis

Ngabuburit Asyik di Jambansari Ciamis
Pengunjung sedang berbincang dengan keluarga di Jambansari Ciamis, Jumat (15/04/2022). pasha/ruber.id

BERITA CIAMIS, ruber.id – Ramadan 1443 H ini terbilang istimewa karena Lebaran tahun ini pemerintah memperbolehkan mudik. Buat perantau yang akan mudik ke Ciamis sebelum hari raya, ada Jambansari, tempat ngabuburit asyik.

Ngabuburit di Jambansari Ciamis bisa mendapat dua manfaat, hiburan dan belajar. Setelah direvitalisasi, wajah baru Situs Jambansari lumayan menyedot perhatian warga.

Situs bersejarah yang terdapat makam Bupati Ciamis pertama ini selalu ramai dikunjungi. Bahkan, Ramadan tahun ini digelar bazar di gerbang utara Situs Jambansari.

Berbagai makanan dan minuman untuk berbuka tersedia di sana. Di antaranya terdapat angkringan, kedai sosis, dimsum, salad buah, serta makanan manis lainnya.

Menghabiskan sore di sini sangat asik. Bukan hanya untuk berburu takjil tapi juga melihat indahnya kolam dengan jembatan di tengahnya.

Baca juga:  Dishub Ciamis: PO Jangan Paksakan Armada Tak Laik Jalan Beroperasi

Di setiap sisi dan sudut kolam terdapat bangku bercat putih yang cukup untuk duduk berdua. Ketika sore, angin sepoi-sepoi terasa sejuk dan menenangkan.

Ratusan lampion warna-warni menggantung mengelilingi kolam, mengikuti alur jalan yang memanjakan dan menyegarkan mata dari perpaduan warna dari lampu-lampu itu.

Ketika berada di sini jangan heran jika melihat banyak yang bermain skateboard. Karena pada sore hari akan ramai orang dengan segala kegiatannya.

Seperti, bersepatu roda, sepeda, dan juga bermain skateboard. Meskipun banyak yang berlalu-lalang tapi aktivitas bermain sambil olahraga mereka tidak terganggu.

Disuguhi Live Musik dan Beragam Pertunjukan

Menghabiskan waktu sore di Jambansari juga selama Ramadan tahun ini disuguhi live musik dan beberapa pertunjukan yang rutin dilaksanakan mulai 16-30 April 2022.

Baca juga:  Santri Ponpes Nurussalam Ciamis Deklarasi Damai Pemilu 2019

Acara dimulai sore sampai menjelang magrib. Pertunjukan digelar di panggung permanen dengan bangku panjang penonton yang mengelilinginya.

Selain itu, akan ada kegiatan relijius mengingat tempat ini merupakan situs yang sakral. Salah satunya lomba seperti hafalan Al-Quran, pidato dan lainnya.

Namun, lomba ini belum terbuka untuk umum sehingga pesertanya hanya sebatas anak-anak yang tinggal di sekitar situs tersebut.

Fasilitas parkir kendaraan di sana terbilang mudah, karena tersedia lahan luas yang mampu menampung banyak kendaraan. Pengunjung dapat dengan tenang meninggalkan kendaraan di tempat parkir karena pengurus kegiatan bazar adalah para anggota Karang Taruna dari dua daerah.

Penasaran ingin merasakan keseruan ngabuburit di Jambansari Ciamis? Ayo, isi waktu sore di sini. Meskipun tidak membeli makanan tapi dapat menikmati beberapa pertunjukan untuk menambah wawasan dan pengetahuan.