Mual saat Haid? Tak Perlu Khawatir, Ini Penyebab dan Cara Meredakannya

  • Bagikan
Mual saat haid
ILUSTRASI mual saat haid. Foto: fimela.com

TIPS & HOBI, ruber.id – Setiap perempuan umumnya mengalami masa menstruasi setiap bulannya.

Menjelang masa itu, biasanya wanita sering merasakan keluhan-keluhan yang sering disebut gejala PMS (Premenstrual Syndrome).

Gejala yang paling sering dialami adalah mual. Bahkan, gejala ini masih kerap dirasakan meskipun masa haid sudah tiba.

Meski demikian, Anda tidak perlu khawatir karena gejala tersebut masih normal dialami wanita yang sedang PMS atau haid.

Selain mual, tak sedikit juga wanita merasakan gejala lainnya menjelang menstruasi seperti diare, sembelit, badan kelelahan, sakit kepala, kram perut, hingga mempengaruhi kondisi psikis seperti perubahan emosi.

Salah satu studi melaporkan bahwa nyeri perut, kembung dan mual saat haid memang gejala yang dominan dan cenderung meningkat sebelum dan atau saat menstruasi.

Namun, selama kondisi tersebut tidak mengganggu kesehatan tubuh, Anda tidak perlu berobat ke dokter.

Anda disarankan menjaga asupan makanan sehari-hari agar stamina tubuh tetap terjaga dengan baik.

Perlu diketahui, penyebab mual saat haid atau saat haid adalah
karena hormon prostaglandin yang dilepaskan saat siklus menstruasi.

Selama menstruasi, fungsi prostaglandin sebenarnya untuk merangsang otot rahim untuk berkontraksi dan membantu pengeluaran darah menstruasi.

Tapi ternyata hormon ini bisa masuk ke aliran darah, yang akhirnya menyebabkan mual, muntah, diare dan sakit kepala.

Oleh karena itu, tak heran banyak wanita mual saat haid hingga muntah. Hanya menurut Rady Children’s Hospital San DiegoIni, keluhan ini biasanya hilang dalam satu atau dua hari.

Rasa mual juga dapat disebabkan oleh fluktuasi hormon yang membuat lambung memroduksi asam klorida secara berlebihan, hingga merasa migrain yang akhirnya membuat mual.

Jika Anda selalu merasa mual menjelang dan atau saat haid, cobalah untuk meredakannya. Berikut cara meredakan mual saat haid.

  • Jangan sampai tubuh dehidrasi karena menjelang menstruasi, tubuh akan mudah merasa lelah, sehingga pastikan cairan tubuh terpenuhi dengan baik.
  • Cobalah meminum teh seperti jenis chamomile dan peppermint untuk menenangkan dan menghangatkan tubuh.
  • Sebaiknya konsumsi makanan yang lunak dan mudah dikonsumsi, seperti pisang, roti, biskuit, oatmeal, atau sereal.
  • Meminum jahe juga dapat meredakan gejala PMS termasuk mual saat haid.
  • Berolahraga ringan juga bisa mengatasi mual saat haid, melancarkan peredaran darah. Anda bisa jalan-jalan keliling kompleks, jogging atau yoga pada pagi hari.

Nah, itulah beberapa cara meredakan mual saat haid yang bisa Anda coba. Semoga bermanfaat! (CW-002)

BACA JUGA: Atasi Perut Kembung Tanpa Bantuan Obat

  • Bagikan