Mobil Terendam Banjir? Jangan Panik, Begini Cara Mengatasinya

Cara mengatasi mobil terendam banjir
Foto ilustrasi from Pixabay Istockphoto

BERITA OTOMOTIF, ruber.id – Di musim penghujan ini, sejumlah daerah dilanda banjir. Saat banjir, banyak yang menjadi korban. Bukan hanya makhluk hidup, tapi juga harta benda termasuk kendaraan, khususnya mobil.

Mengatasi mobil yang terendam banjir memang cukup rumit, namun tentunya Anda tetap harus melakukannya agar kendaraan bisa digunakan kembali.

Jika mobil Anda salah satu yang terendam banjir, jangan panik. Ada beberapa cara mengatasi mobil yang terendam. Berikut tips mengatasi mobil terendam banjir seperti dikutip dari laman Suzuki.

Melepaskan Kabel Aki dari Mobil

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah melepas bagian kabel aki untuk menghindari terjadinya korsleting. Kabel aki memiliki hubungan yang erat dengan komponen listrik atau elektronik yang ada di dalam mobil tersebut.

Baca juga:  Ponsel-ponsel Ini Paling Laris dan Dicari di Tahun 2019, Pilih yang Mana?

Hal inilah yang bisa memicu korsleting pada mobil jika kabel aki dibiarkan begitu saja dan tidak dicabut. Terlebih lagi jika mobil Anda adalah mobil keluaran paling baru. Mobil keluaran terbaru memiliki sistem otomatis yang lebih mengandalkan transmisi jaringan listrik.

Untuk itu, Anda perlu melepaskan kabel aki dari mobil terlebih dahulu untuk membuat kendaraan roda empat ini tetap aman dari korsleting listrik. Dalam kondisi banjir, korsleting ini sering dipicu akibat adanya air yang masuk ke dalam mobil.

Jangan Pernah Menyalakan Mobil, Cukup Dorong Saja