Sabtu, 26 Sep 2020

Melintasi Jalur Pembalasan, Ikuti Tips Mudik Aman Dishub Ciamis Ini

Baca Juga

Jelang Pilkada 2020, Bawaslu Jabar: Kepala Daerah Jangan Rotasi Pejabat!

Jelang Pilkada 2020, Bawaslu Jabar: Kepala Daerah Jangan Rotasi Pejabat! KOTA DEPOK, ruber.id -- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Barat melarang kepala daerah di kabupaten/kota...

Waspada! Gunung Kerinci Alami Erupsi

  ruber -- Gunung Kerinci yang berlokasi di Jambi mengalami erupsi. Warga diimbau untuk tidak mendekat ke kawah maupun puncak gunungnya. Menurut informasi akun Instagram kabargeologi,...

Sosialisasi KMA 492/2020, Kemenag Pangandaran Serahkan Dokumen Paspor ke Calon Jamaah Haji

PANGANDARAN, ruber.id - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat menyosialisasikan Keputusan Menteri Agama Nomor 494/2020 tentang pembatalan keberangkatan jamaah haji...

Cengkeh Ratusan Juta Ludes Terbakar di Pangandaran

PANGANDARAN, ruber -- Pabrik cengkeh di Kecamatan Padaherang, Kabupaten Pangandaran ludes dilalap si jago merah, Sabtu (3/8/2019) pagi sekitar jam 05.23 WIB. Akibatnya, pemilik pabrik,...

PEMUDIK motor melintas di jalan Ciamis yang mulus, Kamis (30/5/2019). dang/ruang berita

CIAMIS, ruber — Jalur mudik Ciamis terbentang sepanjang 46 kilometer dari Cihaurbeuti, perbatasan Tasikmalaya sampai Cisaga, perbatasan Kota Banjar.

Jalur Ciamis ini termasuk rawan kecelakaan karena didominasi jalur lurus dan terdapat tanjakan rawan kecelakaan.

Ingin tetap aman? Ikuti tips mudik aman dari Dishub Ciamis saat melintas di jalur ini.

Jalur Ciamis bisa dikatakan merupakan jalur pembalasan. Pasalnya, pemudik sebelumnya telah melintas di medan jalan yang cukup berat, seperti di Nagreg, Limbangan, Malangbong dan Gentong.

Setelah masuk wilayah Ciamis, jalan dominasi lurus dan cukup mulus. Pengendara akan kecenderungan untuk memacu kecepatan kendaraannya. Hal itu dapat menimbulkan potensi kecelakaan.

“Kalau masuk Ciamis, sebaiknya menyempatkan dulu istirahat, setelah melintas di jalan berliku sebelumnya. Setelah kondisi prima bisa melanjutkan perjalanan, karena dari Ciamis sampai ke perbatasan Jawa Tengah kondisi dominasi jalan lurus,” ujar Sekretaris Dishub Ciamis Eddy Yulianto, Kamis (30/5/2019).

Edi mengatakan jagan memaksakan diri bila capek dan ngantuk. Bagi pengemudi mobil setelah 4 jam harus istirahat minimal setengah jam, dan pengendara sepeda motor tiap 2 jam.

“Setelah melanjutkan perjalanan, sebaiknya memacu kendaraan normal saja sekitar 60 kilometer/jam, karena di jalur Ciamis cenderung lancar, kepadatan hanya terjadi di Titik persimpangan, seperti Imbanagara dan Cisaga,” terangnya.

Namun di jalan nasional III ini terdapat Tanjakan Cibeka yang rawan kecelakaan.

Dishub mengingatkan saat melintas, kendaraan yang turun sebaiknya mengutamakan kendaraan yang menanjak. Bagi yang menanjak jangan salah memilih gigi rendah.

“Di tanjakan sebaiknya jangan saling mendahului. Kendaraan yang menanjak ambil sedikit bagian kanan jalan supaya kuat menanjak, yang turun harus mengutamakan dulu yang naik,” katanya.

Yang terpenting, kata Eddy, kendaraan yang akan digunakan untuk mudik harus dipastikan kelaiakannya, mulai dari sistem rem, lampu dan hal dasar lainnya.

“Insya Allah bila semua tertib, potensi kecelakaan itu bisa dihindari,” ucapnya. dang

loading…


Komentar

loading...

Artikel Terbaru

Warga Darmaraja Meninggal Positif COVID-19, Total Kasus Kematian di Sumedang Jadi 5 Orang

BERITA SUMEDANG, ruber.id - Warga asal Kecamatan Darmaraja, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat yang meninggal dunia beberapa waktu lalu dipastikan positif COVID-19.

Jeruk Lemon Sumedang Bisa Dikembangkan Layaknya Agrowisata Malang

BERITA SUMEDANG, ruber.id - Jeruk Lemon yang ditanam di Desa Cijambu, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Sumedang dapat dikembangkan menjadi agrowisata layaknya di Malang,...

Mau Masuk Akmil TNI? Yuk Datang ke Kodim Sumedang, Gratis

BERITA SUMEDANG, ruber.id - Bagi muda-mudi di Kabupaten Sumedang yang ingin menjadi calon prajurit TNI, mulai dari calon Tamtama (Catam), Caba (Calon...

Febri Diansyah Pamit dari KPK

BERITA NASIONAL, ruber.id - Kepala Biro Hubungan Masyarakat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Febri Diansyah pamit dari lembaga rasuah tersebut.

Warga Purbaratu Tasikmalaya Ditemukan Tewas di Sungai Citanduy

BERITA TASIKMALAYA, ruber.id - Kamaludin, 40, warga Kampung Pasir Jaya, Kelurahan Sukajaya, Kecamatan Purbaratu, Kota Tasikmalaya ditemukan tewas di Sungai Citanduy, Jumat...