Mbah Moen Wafat di Makkah, Umat Islam di Diimbau Salat Gaib

ruber — Innalillahi wainnailihi rojiun, ulama besar dan tokoh Nahdlatul Ulama di Indonesia, KH Maimoen Zubair dikabarkan wafat di Makkah, Selasa (6/8/2019).

Dilansir dari laman Kompas.com, Mbah Moen meninggal didapat dari Ketua Umum Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) Ali Masykur Musa.

Ali mendapat kabar duka itu dari staf presiden di Makkah, Gus Rozin.

Ali mengatakan, Mbah Moen, panggilan akrab KH Maimun Zubair, wafat saat menunaikan ibadah haji di Mekkah.

Sebagai ketua umum Ikatan Sarjana NU, Ali mengatakan sangat kehilangan atas wafat Mbah Moen.

“Karena itu, kami imbau agar seluruh umat Islam di Indonesia memanjatkan doa untuk beliau serta menjalankan shalat gaib,” imbau Ali.

Baca juga:  KPK Agendakan Periksa Wakil Bupati Sumedang

Ali mengatakan, pimpinan pesantren Al Anwar Sarang, Rembang itu, adalah tokoh ulama yang sangat kharismatik dan dihormati, baik oleh tokoh politik maupun pemerintah, serta umat Islam di Indonesia, khususnya warga NU.

Selain itu, kata Ketua Umum Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) Ali Masykur Musa, Mbah Moen juga adalah tokoh panutan, khususnya yang membahas detail terkait hubungan Islam dan negara, antara Islam dan Pancasila.

Secara prinsip, dalam pandangan Mbah Moen, umat Islam harus menerima secara utuh NKRI berdasarkan Pancasila. Karena itu, buat umat Islam, negara Indonesia dan Pancasila itu sudah final.

“Belau selalu menyampaikan hal itu di mana saja,” katanya. luvi

Baca juga:  Riset Save The Children Indonesia: Limbah Elektronik Ancam Keselamatan Pemulung Anak

Sumber berita & foto: Kompas.com

loading…