GARUT  

Legislator Gandeng Pemkab Garut Bersihkan Situ Bagendit

Legislator Gandeng Pemkab Garut Bersihkan Situ Bagendit
Pelaksanaan Baksos Kebersihan yang digelar oleh DPRD Kabupaten Garut dan Pemkab Garut di objek wisata Situ Bagendit, di Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut, Selasa (17/5/2022). ist/ruber.id

BERITA GARUT, ruber.id – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Garut bekerjasama dengan Pemkab Garut menggelar kegiatan Bakti Sosial (Baksos) Kebersihan di Objek Wisata Situ Bagendit, di Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut, Selasa (17/5/2022).

Ketua DPRD Kabupaten Garut Euis Ida Wartiah menerangkan, pihaknya menggandeng pemerintah daerah beserta pelaku usaha.

Tujuannya, untuk bersama-sama meningkatkan kepekaan terhadap lingkungan.

Selain itu, memelihara aset yang dimiliki oleh Kabupaten Garut agar tetap terjaga. Khususnya, dalam hal kebersihan.

“Hanya kepekaan kita terhadap lingkungan, karena persampahan dan lingkungan pariwisata ini tidak hanya oleh para wisatawan saja. Tapi, kita juga dari dewan tidak hanya pengawasan saja, tapi juga ikut terhadap kepekaan lingkungan,” kata Euis.

Baca juga:  Warga Garut Reatif Rapid Test Nambah 2 Lagi

Euis berharap, ke depan, seluruh masyarakat, terutama pengunjung wisata yang ada di Kabupaten Garut dapat menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

“Harapannya nanti kepada masyarakat, para pelaku usaha, juga yang hadir ke sini, mohon untuk tidak membuang sampah sembarangan,” ujarnya.

Sementara, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Kadisparbud) Budi Gan Gan menyatakan, sangat menyambut baik dan memberikan apresiasi yang luar biasa kepada DPRD Kabupaten Garut.

Karena, kata Budi, telah ikut peduli bersama Pemkab Garut, dalam melakukan kegiatan kebersihan di objek wisata Situ Bagendit.

“Maka, kami dari Dinas Pariwisata (dan Kebudayaan) menyambut baik dan mengapresiasi yang sangat luar biasa. Bahwa, para wakil rakyat ini sangat peduli dan sangat atensi terkait dengan kebersihan yang ada di destinasi (wisata). Tidak hanya di Situ Bagendit, tapi juga di destinasi lain yang ada di Kabupaten Garut,” ucap Budi Gan Gan.

Baca juga:  Gila! Selain Langka, si Melon Tembus Rp30.000/Tabung

Unsur yang terlibat dalam kegiatan ini, kata Budi, di antaranya yaitu dari DPRD Kabupaten Garut, Dinas Pariwisata, Dinas Sosial, Tagana (Taruna Siaga Bencana).

Kemudian, dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut, pihak kecamatan dan desa, serta organisasi kemasyarakatan di Kabupaten Garut.

Budi berharap, kegiatan ini merupakan sebuah awal dan harus terus dikembangkan. Karena, masalah sampah merupakan tanggung jawab bersama.

Budi juga mengimbau, kepada seluruh pengunjung objek wisata agar senantiasa menjaga dan merawat kebersihan lingkungan.

“Mari kita sama sama menjaga dan merawat destinasi kita dari sampah dan kita rawat kebersihannya. Karena, tempat wisata ini adalah milik kita bersama dan selamat berwisata di Kabupaten Garut. Kami tunggu kedatangannya dan kita jaga Garut menjadi daerah tujuan wisata yang asri alamnya,” katanya.