21.4 C
Indonesia
Rabu, Juli 28, 2021
spot_img

Lanal Bandung Luncurkan Aplikasi Smart di Pangandaran

BERITA PANGANDARAN, ruber.id – Pangkalan Angkalan Laut atau Lanal Bandung meluncurkan aplikasi Smart untuk Rumah Pintar atau Rupin di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Tepatnya diperuntukan di Rupin Kampung Bahari Nusantara yang terletak di Bojongsalawe, Kecamatan Parigi.

Peluncuran diresmikan oleh Wakil Bupati Pangandaran Ujang Endin Indrawan yang didampingi Plt Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Agus Nurdin secara virtual. Dan disaksikan oleh Komandan Lanal Bandung dan jajarannya, Rabu (21/7/2021).

Ujang Endin menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Lanal Bandung yang telah membantu masyarakat di daerahnya. Selama ini Pemkab selalu bersinergi hanya berdasarkan dengan seluruh Forkopimda.

“Termasuk di dalamnya dengan TNI Angkatan Laut, terutama bersinergi dalam menangani pandemi Covid-19. Kami mengapresiasi dengan telah dibentuknya Rupin dan peluncuran aplikasi Smart Lanal Bandung di Pangandaran,” kata Ujang Endin.

BACA JUGA:  DPRD Pangandaran Setujui Pertanggungjawaban APBD 2020
BACA JUGA:  DPRD Pangandaran Setujui Pertanggungjawaban APBD 2020

Hal tersebut merupakan hal yang sangat penting dan membantu dalam suasana pandemi ini. Upaya menumbuhkan minat baca masyarakat di Kabupaten Pangandaran. Khususnya kepada para nelayan.

“Salah satu progres dunia pendidikan bangsa adalah lemahnya minat dan kebiasaan membaca dari masyarakat. Dengan adanya Rupin dan aplikasi Smart ini diharapkan bisa meningkatkan minat baca bagi para nelayan,” ujarnya.

Danlanal Bandung Sebut Aplikasi Smart Salah Satu Program Kerjanya

Sementara itu, Danlanal Bandung Kolonel Laut (KH/W) Tresna Kusumawati menyampaikan, aplikasi Smart tersebut merupakan salah satu program kerjanya. Dalam melaksanakan pelayanan publik terhadap Kampung Bahari yang ada di Bojongsalawe.

“Di era digitalisasi ini semakin berkurangnya minat baca bagi anak-anak. Maka kami memiliki Rupin di Kampung Bahari Nusantara yang merupakan binaan Lanal Bandung,” kata Kolonel Tresna.

BACA JUGA:  Pilkades Pangandaran, 4 Eks Anggota DPRD Siap Bertarung
BACA JUGA:  Realisasi Investasi di Pangandaran Melesu Sejak 2020

Dengan diluncurkannya aplikasi Smart Lanal Bandung itu, pihaknya telah menyiapkan tim IT yang sudah bekerja keras yang akan ditempatkan di Kampung Bahari Nusantara untuk klaster edukasi dan pendidikan.

“Sebenarnya ada beberapa klaster. Namun untuk sementara kami akan konsentrasi terlebih dahulu klaster edukasi dan pendidikan,” terangnya.

Tresna menyebutkan, program Lanal Bandung ini sebagai upaya untuk meningkatkan dunia literasi kepada masyarakat, khususnya masyarakat di pesisir pantai.

“Rupin Kampung Bahari Nusantara baru dibentuk di Pangandaran. Semoga saja ke depan akan dibentuk kampung-kampung Bahari Nusantara lainnya yang ada di peisisir Jawa Barat,” sebutnya. (R002)

Related Articles

- Advertisement -

Latest Articles