21.4 C
Indonesia
Rabu, September 22, 2021
spot_img

Kunjungan Wisatawan Sepi, Target Retribusi Sampah di Pangandaran Tak Tercapai

PANGANDARAN, ruber – Target retribusi sampah di Kabupaten Pangandaran pada APBD Perubahan 2018, tidak tercapai. Penyebabnya, kunjungan wisatawan saat liburan akhir tahun, sepi.

Kasi Pengelolaan Sampah Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Pangandaran, Abay Bayanullah mengatakan, awalnya mereka menaruh ekspektasi besar bisa melampaui target retribusi sampah pada anggaran perubahan dengan banyaknya wisatawan yang berkunjung di akhir tahun.

Namun, harapan tak sejurus dengan realita. Sebab, tingkat kunjungan wisatawan ke Pangandaran ternyata tak seramai liburan akhir tahun sebelumnya.

BACA JUGA:  Cerita Buaya di Pantai Timur Pangandaran: Hebohkan Wisatawan, Beredar Meme Lucu Hingga Sempat Dikira Bohongan

“Capaian retribusi sampah pada APBD murni 2018 mencapai Rp3,1 miliar dari targer sebesar Rp2,5 miliar,” ujarnya kepada ruber, Selasa (22/1/2019).

Karena capaian target di APBD murni terlalu signifikan hingga Rp800 juta, kata Abay, maka pada anggaran perubahan target retribusi dinaikan menjadi Rp3,3 miliar, namun capaian hanya Rp3,1 miliar atau kisaran 90,87%.

BACA JUGA:  Siap-Siap! Wisata Kabupaten Pangandaran Dibuka 5 Juni Mendatang

“Sehingga untuk target retribusi dari pengelolaan sampah tahun ini terpaksa diturunkan, hanya dikisaran Rp3.1 miliar, sekitar Rp200 juta-an ada penurunan dari anggaran perubahan 2018. Kami optimis akan mencapai target di tahun ini,” sebutnya. (dede ihsan)

loading…


Related Articles

- Advertisement -

Latest Articles