21.4 C
Indonesia
Kamis, Juli 29, 2021
spot_img

Ini Penyebab Pedal Kopling Mobil Keras dan Berat

BERITA OTOMOTIF, ruber.id – Mobil biasa tentunya membutuhkan pedal kopling yang bagus. Tanpa kopling, mobil sama saja tidak bisa dijalankan. Meski tampak sepele dan kerap kali menjadi injakkan kaki penggunanya, kopling memiliki peran penting untuk mobil biasa.

Makanya ketika pedal atau injakkan kopling bermasalah, orang-orang akan bingung serta panik. Kepanikan ini jarang dirasakan oleh pengguna mobil matik. Dan masalah-masalah seperti ini tidak akan dijumpai juga oleh mereka.

Memang benar masalah kopling sebaiknya segera dicari penyebabnya. Sehingga tahu apa saja yang perlu diperbaiki hingga kopling bisa seperti semula lagi.

Beberapa faktor memang dapat menyebabkan pedal kopling mobil keras dan berat. Sehingga akan mengganggu kenyamanan dalam berkendara.

BACA JUGA:  Kenali Tanda Kampas Kopling Mobil Manual Mulai Habis
BACA JUGA:  Kebiasaan Ini Bisa Membuat Malu saat Mengendarai Mobil Matik

Faktor-faktor tersebut bisa Anda hindari ketika sudah mengenalinya. Apa saja faktor dan penyebab pedal kopling mobil bisa menjadi keras?

Berikut ini beberapa penyebabnya:

Kabel Kopling Seret
Masalah yang kerap jadi momok kopling keras dan berat adalah kabel kopling yang seret. Kabel kopling yang seret biasanya terjadi karena jarang sekali dilumasi oleh oli dan sebagainya.

Hal ini memang tampak sepele tetapi bisa mengakibatkan kerusakan yang parah. Untuk mengatasi masalah tersebut Anda tidak perlu repot-repot mencari caranya. Hanya dengan melumuri kabel tersebut dengan pelumas, maka masalah kabel seret dapat Anda atasi.

Sering Menginjak Kopling Secara Berlebihan
Ketika mengendarai mobil sebaiknya menggunakan kopling sewajarnya. Jangan sampai kopling mobil Anda sedikit-sedikit Anda injak karena takut mesin mati. Perlu memainkan feeling ketika menggunakan kopling mobil.

BACA JUGA:  Jangan Tertipu, Ini Cara Membedakan Oli Asli atau Palsu
BACA JUGA:  Ini Keuntungan Kredit Mobil Bekas, Intip Penjelasannya

Keseringan menggunakan kopling padahal tidak diperlukan akan mempercepat kopling mobil rusak.
Solusinya atur pemakaian kopling sangat berkendara dengan menggunakan feeling Anda. Gunakan secukupnya saja sesuai kebutuhannya saja.

Mengganti Gigi Terburu-Buru
Mengganti gigi secara terburu-buru juga dapat membuat pedal kopling mobil cepat rusak. Hal ini diakibatkan pedal yang diinjak dan gigi yang diganti kadang tidak pas. Sehingga mobil akan terasa tersendat-sendat sendiri.

Penyebab-penyebab tersebut sebisa mungkin dihindari agar pedal kopling mobil tetap awet dalam jangka waktu yang lama. Selain itu, Anda bisa nyaman dalam berkendara menggunakan mobil. (CW-06/khairul anam)

BACA JUGA: Ingin Mobil Irit BBM? Ini 3 Langkah yang Harus Diperhatikan

Related Articles

- Advertisement -

Latest Articles