28.4 C
Indonesia
Selasa, Agustus 3, 2021
spot_img

Tips Aman Naik Motor Bagi Perempuan Berjilbab

BERITA TIPS & HOBI, ruber.id – Seiring berjalannya waktu, pengguna sepeda motor kini kian merambah banyak. Bukan hanya kaum lelaki saja, kini banyak sekali perempuan yang menggunakan sepeda motor saat berpergian.

Dari beberapa informasi yang beredar, hampir semua perempuan bisa mengendarai sepeda motor. Berbeda dengan zaman dahulu. Perempuan yang bisa mengendarai motor bisa dihitung jumlahnya.

Maka tak ayal, banyak orang tua yang memang tidak bisa naik motor sejak dulu. Hal itu memang bukanlah sebuah masalah. Perempuan juga punya hak untuk berkendara di jalanan tentunya sesuai dengan aturan yang ada.

Namun ada kendala lain yang kerap kali terjadi pada kaum hawa yang sedang mengendarai sepeda motor, yakni jilbab yang mereka gunakan. Sering kali berita jilbab yang panjang tersangkut di ban atau rantai dan mengakibatkan pengendara terjatuh.

Padahal di dalam syariat agama Islam perempuan diwajibkan untuk berjilbab. Sehingga ke mana pun mereka pergi, mereka harus memakai jilbab tersebut. Nah buat Anda seorang perempuan berjilbab, tidak perlu risau.

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan ketika berkendara mengenakan jilbab

Posisikan Jilbab Jauh dari Ban dan Rantai
Boleh-boleh saja jika Anda mengendarai sepeda motor menggunakan jilbab yang panjang dan lebar. Tetapi ada catatan penting yang perlu Anda ingat yakni posisikan jilbab yang Anda kenakan jauh dari rantai atau ban.

Karena banyak sekali jilbab yang panjang tersangkut pada ban atau rantai dan mengakibatkan kecelakaan dirinya sendiri.

Pakai Dobelan Celana
Ketika mengendarai sepeda motor, tentu saja mau tidak mau perempuan harus mengangkat sedikit rok panjang mereka.

Nah agar aurat tidak terlihat, sebaiknya menggunakan dobelan celana yang bisa menutupi saat rok diangkat. Atau kalau tidak pakai kaos kaki yang panjang.

Memakai Jaket
Entah jaraknya jauh atau dekat, sebaiknya seorang perempuan berjilbab memakai jaket.

Selain untuk melindungi tubuh dari angin atau sengatan matahari, jaket juga dapat mencegah jilbab bagian belakang yang panjang dan lebar itu melambai-lambai terkena angin. Sehingga tidak mengganggu pengendara lain.

Nah tips aman buat perempuan berhijab ketika hendak mengendarai sepeda motor ini bisa dijadikan motivasi agar tidak minder lagi ketika berkendara menggunakan jilbab. (CW-006/khairul anam)

BACA JUGA: Rantai Motor Berisik, Ini 3 Penyebabnya

Related Articles

- Advertisement -

Latest Articles