21.4 C
Indonesia
Kamis, Juli 29, 2021
spot_img

Kawanan Monyet Liar Masuk ke Permukiman Warga di Ciamis

BERITA CIAMIS, ruber.id – Kawanan monyet liar masuk ke permukiman dan membuat warga resah di Lingkungan Kedung Panjang, Kelurahan Maleber, Kecamatan/Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Ketua RT setempat Taufik mengatakan, kawanan monyet itu mulai muncul pada Sabtu (12/6/2021). Saat ini kadang monyet muncul sore hari, namun tidak berkomplot.

“Ada yang besar, ada juga yang masih kecil ukurannya. Kemarin muncul 1 ekor dengan ukuran sedang. Kalau yang hari Sabtu itu besar. Saya lihat langsung,” kata Taufik, Selasa (15/6/2021).

Taufik menuturkan, ada warganya yang melihat kawanan monyet liar itu sebanyak empat ekor. Namun dirinya belum bisa memastikan jumlah monyet yang masuk ke permukiman warga.

BACA JUGA:  Tradisi Berburu Kartu Kuning Setelah Lebaran, Juga Terjadi saat Pandemi
BACA JUGA:  P2TP2A Ciamis Konsen pada Pemulihan Anak Korban Kekerasan

“Kalau yang saya lihat cuma dua ekor. Beberapa kali saya melihat monyet itu mengacak-acak tempat sampah, sepertinya sedang mencari makanan,” tuturnya.

Taufik menyebutkan, kemunculan monyet tersebut tidak jauh dari kawasan Sungai Cileueur yang memang masih seperti hutan. Rimbun dengan pepohonan.

“Monyet itu naik ke atap rumah warga, mondar-mandir, duduk di pagar rumah. Mungkin kelaparan, malah sempat mau masuk ke rumah warga, tapi keburu kepergok,” sebutnya.

Yang dikhawatirkan warga, kata Taufik, monyet itu masuk ke rumah dan menyerang. Karena buah-buahan di pohon halaman rumah pun dimakan. Warga takut kalau monyet itu menyerang anak-anak.

“Saya tidak tahu pasti asal kawanan monyet itu bisa masuk ke permukiman. Mungkin hewan peliharaan yang dilepaskan di sekitar Sungai Cileueur. Tapi warga saya tidak ada yang pelihara monyet,” ujarnya.

BACA JUGA:  Hati-hati! Tikungan Cijeungjing di Jalur Selatan Ciamis Rawan Laka Lantas
BACA JUGA:  Mahasiswa Cipayung Plus Ciamis Kecam Aksi Polisi Balikpapan

Taufik menambahkan, adanya kejadian tersebut telah dilaporkan ke Kantor BKSDA wilayah III Ciamis agar dilakukan tindakan secepatnya. Karena warga sudah merasa resah.

“Tadi sudah ada petugas yang datang ke lokasi untuk melihat tempat munculnya kawanan monyet itu. Semoga saja monyet ini bisa segera ditangkap agar warga tidak resah,” tambahnya. (R002)

Related Articles

- Advertisement -

Latest Articles