EKBIS  

Jurus bank bjb Menjadi Bank Terpercaya di Indonesia

Bank Bjb Menjadi Bank Terpercaya Di Indonesia
Direktur Utama bank bjb Yuddy Renaldi (kiri) saat menandatangani MoU pengembangan kompetensi ASN di Sumedang. r003/ruber.id

BERITA BANDUNG, ruber.idBank bjb atau PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk menjadi bank terpercaya di Indonesia.

Ini berkat komitmen bank bjb yang terus mengukuhkan penerapan human capital dan keamanan keuangan perbankan untuk menjaga kepercayaan masyarakat Indonesia.

Komitmen Bank bjb

Komitmen ini, menjadi tolok ukur perseroan bisa tetap tumbuh dan berkembang. Menjadi bank besar skala nasional.

Bagi bank bjb, trust atau kepercayaan ini menjadi salah satu komponen penting dalam menjalankan sebuah bisnis.

Tidak terkecuali bisnis perbankan yang bergerak di jasa keuangan.

Bahkan, mepercayaan nasabah menjadi modal vital perbankan bisa terus tumbuh dan berkembang.

Sehingga memberikan dampak positif bagu naiknya pendapatan usaha.

Hal itu pula yang dilakukan bank bjb sehingga bisa menjadi bank besar di Indonesia.

Bank bjb, membuat strategi human capital untuk menjaga kualitas secara internal.

Selain itu, membuat sistem perlindungan bagi nasabah.

Tak heran, jika hingga saat ini, bank bjb telah mendapatkan banyak penghargaan atas berbagai upaya yang telah dilakukan tersebut.

Spirit Bank bjb

Pada pengembangan strategi human capital, bank bjb mengembangkan budaya perusahaan melalui tagline Spirit.

Yakni kepanjangan dari kata Service Excellence, Professionalism, Integrity, Respect, Innovation, dan Trust.

Dan tiap komponen memiliki pointer yang mencerminkan komitmen dalam mengembangkan perusahaan.

Service Excellence

Pengertian Service Excellence merupakan budaya perusahaan untuk fokus pada nasabah, proaktif dan cepat tanggap.

Baca juga:  bank bjb Cabang Palabuhanratu Terus Dorong UMKM di Kabupaten Sukabumi Bangkit

Dalam memberikan layanan bernilai tambah.

Kemudian, Professionalism yakni komitmen bekerja efektif, efisien, dan bertanggungjawab.

Selain itu, meningkatkan kompetensi untuk menghasilkan kinerja terbaik.

Integrity

Integrity yaitu sikap jujur, disiplin, konsisten, memahami, dan melaksanakan ketentuan yang berlaku.

Respect

Selanjutnya Respect. Yakni budaya perusahaan yang menghormati, menghargai, dan terbuka terhadap perbedaan.

Memberi dan menerima pendapat yang positif sekaligus konstruktif.

Innovation

Pengertian Innovation yang diusung Bank bjb yakni budaya kreatif dan inovatif.

Untuk memberikan solusi terbaik dan melakukan perbaikan berkelanjutan.

Trust

Dan yang terakhir Trust. Yakni, sebuah perilaku positif, dapat dipercaya dan membangun sinergi untuk mencapai tujuan perusahaan.

Dalam upaya mendukung strategi bisnis pada tahun 2021 ini, bank bjb melakukan pembenahan internal.

Melalui upaya peningkatan kualitas dan integritas human capital perseroan.

Program bjb Integrity

Peningkatan human capital ini dilaksanakan dengan mengusung program bjb Integrity.

Di mana hal ini merupakan implementasi budaya perusahaan.

Program bjb Integrity, digaungkan untuk mengubah pola pikir dan budaya kerja individu dengan menekankan aspek integritas terhadap organisasi.

Dalam pelaksanaannya, program ini menitikberatkan pada kejujuran, disiplin, konsisten, efisien dalam bekerja.

Kemudian, mengikuti prosedur secara jelas, tepat dan cepat.

Selain itu, dengan terbangunnya integritas yang tinggi di kalangan pegawai bank bjb, akan dapat mendorong produktivitas kerja.

Baca juga:  Rencanakan Keuangan Gunakan Produk Dana Pensiun, Bantu Masa Depan Lebih Baik

Yang tentunya jauh lebih baik yaitu melalui 3 No’s Program. Di antaranya No Error, No Leak, No Fraud.

Direktur Utama bank bjb Yuddy Renaldi menjelaskan, program bjb Integrity dipilih menjadi tema budaya pada tahun 2021. Sebagai salah satu bentuk tindak lanjut dari hasil evaluasi.

Selain itu, kata Yuddy, juga sebagai pengukuran kesehatan budaya perusahaan yang telah dilakukan sebelumnya.

“Kami berkomitmen untuk senantiasa memperbaiki kualitas human capital perusahaan.”

“Karena human capital merupakan ujung tombak utama yang diandalkan bank bjb. Dalam menunjang keberhasilan perusahaan,” katanya Yuddy.

Kembangkan Kompetensi melalui bjb University

Tak hanya itu, dari sisi sumber daya manusia (SDM), bank bjb memiliki komitmen melakukan peningkatan kompetensi internal.

Komitmen ini ditunjukan dengan hadirnya bjb University.

bjb University hadir dengan tujuan menciptakan calon pemimpin bank bjb yang kompeten, berintegritas tinggi dan mampu mengembangkan program pelatihan hingga pendidikan untuk para pegawai.

Bank bjb Anti Korupsi

Sementara, pada strategi human capital performance management system, bank bjb menggunakan balance scorecard (BSC).

Strategi ini, melakukan tahapan perencanaan kerja, monitoring kinerja hingga penilaian dan evaluasi kerja.

Aehingga semua tindakan yang diajukan insan bjb dapat terukur dan berorientasi hasil.

Tidak hanya itu, sebagai perusahaan pelat merah, bank bjb selalu mematuhi berbagai aturan kelembagaan.

Baca juga:  bjb PASTI! Promo Asuransi Tanpa Provisi dengan Diskon Premi hingga 100%

Hal ini dilakukan guna mencegah potensi tindakan korupsi.

“Bank bjb selalu mengimplementasikan prinsip antikorupsi dalam setiap praktik usahanya. Sebab korupsi adalah musuh bersama yang harus dilawan,” jelas Yuddy.

Dalam praktiknya, bank bjb mewujudkan prinsip antikorupsi tersebut melalui program pencegahan dan pengawasan uang.

Salah satunya, tercermin melalui kehadiran Unit Pengendalian Gratifikasi (UPG).

Ikhtiar struktural ini dibarengi dengan upaya kultural.

Di mana, perseroan selalu membekali setiap insan bank bjb dengan mentalitas antikorupsi. Termasuk, kewaspadaan terhadap potensi fraud atau penipuan.

“Atas komitmen ini, bank bjb meraih penghargaan dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK),” sebut Yuddy.

Penghargaan tersebut, diberikan atas Program Pengendalian Gratifikasi (PPG) dan perluasan LHKPN pada tahun 2011.

“Bank bjb berhasil masuk sebagai finalis 5 besar UPG Terbaik. Pada kategori BUMN/BUMD, bersama empat peserta lainnya dalam ajang penghargaan KPK ini,” ucap Yuddy.

Yuddy menyatakan, pencegahan potensi fraud, juga dilakukan seiring komitmen bank bjb dalam mengembangkan digitalisasi.

Bagi perseroan, transaksi digital harus dibarengi dengan cyber security yang mumpuni.

Hal ini penting untuk menjamin keamanan masyarakat selama bertransaksi.

Saat ini, sambung Yuddy, pihak internal bank bjb telah mengembangkan fraud management system.

“Ini merupakan langkah untuk memitigasi risiko yang ada seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi perbankan di Indonesia,” jelas Yuddy.

Penulis/Editor: R003