Rabu, 5 Agu 2020

Jelang Rotasi Pejabat, DPRD Sumedang Minta Bupati Segera Usulkan 3 Nama untuk Jabatan Sekwan

Baca Juga

Dirut RSUD Sumedang Dirotasi, Disdukcapil Diisi Ahmad Kusnadi

SUMEDANG, ruber -- dr. Hilman Taufik WS, Dirut RSUD Sumedang dirotasi menjadi Asisten Pembangunan di lingkungan Pemkab Sumedang, di Gedung Negara, Senin (8/7/2019). Selain itu,...

Berawal dari Hobi Merangkai Tali, Kini Aat Meraup Rupiah dari Bisnis Makrame

SUMEDANG, ruber -- Berawal dari hobi merangkai tali, Aat Hamidah kini merintis bisnis hiasan Makrame di Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. BACA JUGA: Pilih Geluti...

Demo 22 Mei: Jokowi Tegaskan Tak Ada Toleransi Bagi Perusuh

ruber -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan, tak akan ragu mengambil sikap tegas kepada pihak manapun dan siapapun yang mengganggu proses berjalannya demokrasi di...

Intensitas Pembangunan Jatinangor Tinggi, Akur Sarankan Cermati RUTR

SUMEDANG, ruber -- Sejak nama Kecamatan Cikeruh Kabupaten Sumedang berubah menjadi Jatinangor, intensitas pembangunan komersial di kawasan ini cukup tinggi. Fungsionaris Partai Golkar Sumedang Asep...

KETUA Fraksi Golkar DPRD Sumedang Yogie Yaman Santosa. luvi/ruang berita

SUMEDANG, ruber — Jelang rotasi mutasi pejabat di lingkungan Pemkab Sumedang, DPRD Kabupaten Sumedang meminta Bupati Sumedang untuk segera mengusulkan tiga nama calon Sekretaris Dewan (Sekwan).

BACA JUGA: Jelang Rotasi Mutasi Pejabat, Bupati Sumedang Tegaskan Tidak Ada Jual Beli Jabatan

Ketua Fraksi Golkar DPRD Sumedang Yogie Yaman Santosa mengatakan, pengusulan nama calon setwan itu sesuai UU Nomor 23/2014 Tentang Pemerintahan Daerah.

Di mana, kata Yogie, UU tersebut mengamanatkan bupati mengangkat dan memberhentikan sekretaris dewan atas persetujuan pimpinan DPRD.

“Terkait teknis tes, assesment, job fit silahkan yang menentukan bupati. Tapi khusus untuk calon sekwan, bupati wajib menyerahkan minimal tiga nama. Dan persetujuannya tetap harus dari pimpinan DPRD Sumedang,” ucapnya kepada ruber, Sabtu (25/5/2019) malam.

Yogie menambahkan, jika bupati tidak mengusulkannya kepada pimpinan DPRD, dan justru menetapkan sendiri, itu berarti bupati sudah melanggar peraturan perundang-undangan yang ada.

“Amanat perundang-undangan seperti itu, kalau nanti pejabat setwannya ditunjuk bupati tanpa persetujuan pimpinan dewan itu berarti bupati melanggar perundang-undangan,” ujar Sekretaris DPD Partai Golkar Sumedang ini.

Pengusulan tiga nama calon sekwan itu, kata Yogie, meberikan keleluasaan kepada bupati untuk menentukan pejabat yang tepat untuk mengisi jabatan setwan.

Sebab, jabatan setwan ini sangat sentral karena harus diisi oleh pejabat yang benar-benar dapat melayani antara kepentingan legislatif (DPRD) dan eksekutif (pemerintah).

Setwan, bertanggung jawab kepada ketua DPRD, dan secara teknis administrasi bertanggung jawab kepada sekda.

“Jadi nantinya, setwan itu harus diisi oleh pejabat yang betul-betul mampu memasilitasi kepentingan legislatif dengan eksekutif. Sekwan jadi jembatan antara legislatif dengan eksekutif,” sebutnya.

Yogie menuturkan, mungkin saja bupati sudah punya satu nama yang tepat untuk mengisi jabatan sekwan, tapi tetap, bupati harus mengusulkannya minimal tiga nama kepada pimpinan DPRD.

“Harapan kami (DPRD) harus segera menyerahkan tiga nama, karena akan digodok di tingkat pimpinan DPRD. Nanti, pimpinan DPRD memusyawarahkannya terlebih dahulu. Siapa dari tiga nama itu yang layak. Kalau bupati menentukan sendiri, DPRD juga punya hak untuk menolak,” tuturnya. luvi

Komentar

loading...

Artikel Terbaru

Minta Bukti Cinta, Gadis di Tasikmalaya Digagahi Pacarnya 2 Kali

TASIKMALAYA, ruber.id - Satreskrim Polres Tasikmalaya, Jawa Barat ringkus seorang pria berinisial F, 19. Pelaku ditangkap karena melakukan persetubuhan...

Bupati Sumedang Lantik 381 Pejabat, Ini Daftar Nama dan Jabatan Barunya

SUMEDANG, ruber.id - Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir melantik 381 pejabat eselon III, dan IV di lingkungan Pemkab Sumedang, Rabu (5/8/2020).

Dua Petugas Medis di Puskesmas Conggeang dan 2 Perawat RSUD Sumedang Positif Corona

SUMEDANG, ruber.id - Dua perawat di ruang ICU RSUD Kabupaten Sumedang terkonfirmasi positif COVID-19, Rabu (5/8/2020). "Iya betul, hasil...

Ratusan Pejabat Sumedang Dilantik via Zoom

SUMEDANG, ruber.id - Ratusan pejabat administrator, pengawas, dan fungsional akan diambil sumpah janji jabatannya melalui aplikasi Zoom, Rabu (5/8/2020).

Daftar Skuat Inter Milan di Europa League

SPORT, ruber.id - FC Internazionale Milano telah mengumumkan daftar pemain jelanh putaran final Europa League 2019/20 ke UEFA. Pada laga...