GARUT  

Jelang Mudik Lebaran, Pemkab Garut Kebut Perbaikan dan Rekonstruksi Jalan

Jelang Mudik Lebaran, Pemkab Garut Kebut Perbaikan dan Rekonstruksi Jalan
Wakil Bupati Garut tinjau perbaikan dan rekonstruksi jalan di Kecamatan Leles, Garut, Selasa (12/4/2022). ist/ruber.id

BERITA GARUT, ruber.id – Wakil Bupati Garut Helmi Budiman meninjau rekonstruksi jalan di daerah Kecamatan Leles, Kabupaten Garut, Selasa (12/4/2022).

Helmi menyebutkan Pemkab Garut terus berupaya agar rekonstruksi jalan di wilayah Garut bisa selesai sebelum arus mudik Lebaran tahun 2022 ini. Sehingga, para pemudik merasa aman dan nyaman saat berkendara.

“Jadi sebenarnya, kita tadi ada dua jalan di sini yang sedang proses beton. Pertama, jalan di Pasar Kadungora, Alhamdulillah beres sebelah tinggal sebelah lagi.”

“Terus kita kejar waktu (karena) dalam satu minggu ini kita targetkan selesai. Sehingga pada saat Lebaran, atau H-3, H-5 itu bisa digunakan,” ujarnya.

Bahkan, kata Helmi, untuk mempercepat pengerjaan, ada ruas jalan yang sementara akan dilapis penetrasi makadam (lapen). Tujuannya, agar jalan rata dan bisa dimanfaatkan oleh pemudik.

Baca juga:  Horor! Warga Garut Ini Kerap Terima Telepon Tengah Malam dari Pamannya yang Sudah Meninggal

“Sekarang, ada lagi jalur dari tutugan Leles sampai ke Masjid Iqro. Nah, dari tutugan Leles ke Pasopati itu target selesai sampai jalur Pasopati.”

“Dari jalan Pasopati itu, saya sudah minta, sudah ada pemenangnya juga, kalau beton langsung mungkin (tidak) akan cukup waktu,tapi dengan lapen. Jadi, kami minta lapen sehingga bisa rata, ya paling kita rata dulu lah ya, supaya Lebaran (ketika) digunakan (jalannya) rata pakai lapen,” jelasnya.

Helmi berharap, beberapa ruas jalan yang nantinya akan pemudik lalui di Kabupaten Garut bisa selesai sebelum Lebaran. Sehingga, warga bisa menikmati jalan tersebut.

“Harapannya, ini bisa digunakan sebelum Lebaran. Jadi masyarakat bisa menikmati mulusnya jalan di sini. Di antara tutugan Leles sampai Pasopati dengan jalan beton.”

Baca juga:  Kronologi Remaja 12 Tahun Hilang Misterius di Gunung Guntur Garut

“Kemudian, dari Pasopati ke Masjid Iqro itu dengan lapen. Nah setelah Lebaran, baru kita beton lagi, paling kita beton sampai ke Masjid Iqro,” ucap Helmi.

Penulis: Fey/Editor: R003