21.4 C
Indonesia
Minggu, Oktober 17, 2021
BJB KPRBJB KPRBJB KPR

Jangan Sepelekan Ganti Oli Mobil Jika Tak Mau Menanggung Risiko Ini

MENGGANTI oli mesin mobil sangat penting, jadi jangan sampai lupa atau telat melakukannya. ilustrasi/ruber.id

Jangan Sepelekan Ganti Oli Mobil Jika Tak Mau Menanggung Risiko Ini

ruber.id — Seperti yang sudah kita ketahui bahwa penggunaan oli mesin mempunyai jangka waktu dan umumnya ditentukan berdasarkan seberapa keras mesin bekerja, dan seberapa sering kendaraan dipakai.

Karena itu, mengganti oli mesin sebaiknya dilakukan jika sudah mencapai jarak tempuh yang sudah dicatat, atau sebelumnya. Jangan sampai Anda telat mengganti oli mobil atau malah tidak menggantinya sama sekali, karena itu bisa menyebabkan kerusakan pada mesin mobil.

Ada beberapa risiko atau akibat yang hatus Anda tanggung jika lupa atau tidak mengganti oli menurut informasi yang berhasil dirangkum ruber.id.

1. Overheating atau Mesin Sangat Panas

BACA JUGA:  Beberapa Pemicu Kebakaran Mobil, Jangan Anggap Remeh

Harus Anda ketahui, jika oli mobil tidak diganti, maka fungsi utama oli sebagai pendingin mesin mobil tidak bisa bekerja dengan maksimal. Hak itu bisa mengakibatkan mesin mobil bisa menjadi sangat panas atau overheat.

BACA JUGA: Tanda Kerusakan pada Mobil Matik Ini Wajib Anda Ketahui

2. Kualitas Mesin Menurun

Risiko lain oli tidak diganti tepat waktu yakni memberi efek pada kinerja mesin. Perlu diketahui, oli berfungsi untuk membantu memaksimalkan kinerja mesin.

Apabila tidak diganti, warnanya akan semakin hitam dan kental, sehingga fungsinya sebagai pelumas komponen mesin akan menurun dan berefek pada kinerja mesin yang sudah pasti akan menurun.

Selain itu, suara mesin juga berisiko menjadi semakin kasar, serta mesin mobil akan menjadi sulit untuk dinyalakan.

BACA JUGA:  Cara Merawat Kampas Rem Mobil agar Aman Berkendara

3. Bensin Jadi Boros

Fungsi utama oli adalah sebagai pelumas, sehungga gesekan antara komponen-komponen mesin mobil menjadi halus. Itu bisa membuat performa kerja mobil semakin meningkat dan semakin nyaman untuk dikendarai.

Nah, jika oli mobil tidak diganti, akan menyebabkan gesekan antara komponen tersebut semakin kuat dan tarikan mesin juga terasa semakin berat.

Akibatnya, mesin akan memerlukan sumber tenaga tambahan lain yaitu bensin dan hal ini sudah pasti akan berpengaruh pada konsumsi bahan bakar yang menjadi lebih boros.

4. Komponen Mesin Rusak

Ketika oli mobil sudah lama tidak diganti, otomatis sudah terlalu kental dan kotor, sehingga mengakibatkan rusaknya komponen bagian dalam mesin.

BACA JUGA:  Jangan Asal Bilas, Ini Tips Mencuci Mobil Setelah Kehujanan

Biasanya, bagian mesin yang terkena adalah piston, silinder, dan beberapa komponen mesin lainnya. Karena, oli yang dibiarkan terlalu lama dalam mesin mobil dapat menyebabkan mesin bekerja secara berlebihan, dan berpotensi menimbulkan karat, goresan, dan yang paling parah terbakar.

Itulah beberapa risiko atau akibat yang harus Anda tanggung jika lupa mengganti oli kendaraan. Jika tak mau hal itu terjadi, Anda harus rutin mengganti oli atau mengecek ke bengkel resmi terdekat.

Dengan begitu, dapat terkontrol apakah oli kendaraan Anda sudah harus diganti atau tidak, dan kendaraan Anda pun akan tetap nyaman saat digunakan. red

Related Articles

1 KOMENTAR

Comments are closed.

- Advertisement -

Latest Articles