Ini Negara Paling Bahagia di Dunia, Penduduknya Ternyata Suka Ngopi!

Ini Negara Paling Bahagia di Dunia, Penduduknya Ternyata Suka Ngopi!
Foto ilustrasi from Istockphoto

KOPI PAGI, ruber.id – Situs Global Citizen mengumumkan daftar negara paling bahagia di dunia, dan yang ada di peringkat pertama lagi-lagi Finlandia.

Terhitung sejak tahun 2000, Finlandia memecahkan rekor sebagai negara yang penduduknya jarang stres. Apa rahasianya, ya?

Situs tersebut juga mengungkapkan rahasia, kenapa warga Finlandia jauh dari stres dan selalu bahagia.

Ternyata, mereka suka ngopi dan ini menjadi tradisi negara tersebut sejak dulu kala.

Populasi warga yang suka ngopi di Finlandia lebih banyak dibandingkan dengan negara lain.

Hal ini juga memecahkan rekor negara dengan jumlah peminum kopi terbanyak. Meski 2020 lalu gelar ini sempat dicuri Belanda, namun tak membuat aktivitas ngopi di Finlandia berkurang.

Baca juga:  Profil Raden Djoeanda Kartawidjaja, Pahlawan Nasional asal Tasikmalaya

Dari sebuah studi dua tahun lalu yang dilakukan oleh Statista, disebutkan orang-orang Finlandia minum kopi rata-rata sampai 7.8 kilogram per bulan per orang! Bahkan, ada yang lebih dari angka itu mengingat iklim di negara itu sangat dingin.

Namun di musim panas, lagi-lagi kopi menjadi pilihan dengan membuatnya menjadi es kopi. Masyarakat di Finlandia menghabiskan hingga 9 gelas kopi dalam sehari.

Tradisi minum kopi juga selalu dilibatkan dalam berbagai kegiatan masyarakat Finlandia.

Bertemu dengan teman, rapat dengan kolega, pasti ada sajian kopi. Bahkan, janjian dengan orang baru kenal juga memilih tempat di kedai kopi.

Jika kamu punya teman asal Finlandia dan kamu berkunjung ke rumahnya, mereka pasti akan menyajikan kopi. Jangan ditolak, ya, atau kamu bakal dianggap tidak sopan.

Baca juga:  Kopi Boehoen yang Mendunia Itu Berasal dari Rancakalong Sumedang

Meski demen ngopi, orang-orang Finlandia tidak menyukai hidangan kopi kekinian seperti espresso, latte, apalagi digabung dengan boba.

Mereka lebih suka biji kopi yang sudah diblender, diseduh dengan air panas. Persis seperti menyeduh kopi sachetan di Indonesia.

Perlu dicoba nih, tradisi ngopi orang Finlandia. Siapa tahu Indonesia bisa jadi negara paling bahagia di dunia, ya. Jadi, sudah ngopi hari ini?