21.4 C
Indonesia
Minggu, Oktober 17, 2021
BJB KPRBJB KPRBJB KPR

HP Sering Lemot atau Nge-lag? Coba Lakukan Hal Ini untuk Mengatasinya

ILUSTRASI HP ngelag. net/ruber.id

HP Sering Lemot atau Nge-lag? Coba Lakukan Hal Ini untuk Mengatasinya

ruber.id — Ketika menggunakan handphone (HP) kemudian tiba-tiba lemot atau nge-lag, pastinya membuat kita sebal. Terlebih, saat itu kita sedang chat penting seseorang atau bermain band.

Sebenarnya, hal ini wajar terjadi, di mana smartphone mengalami keadaan lambat dalam menjalankan perintah maupun aplikasi yang bisa disebabkan oleh banyak hal.

Misalnya dari spesifikasi ponsel yang nggak cukup tangguh melakukan multitasking atau Anda terlalu banyak menginstal aplikasi maupun cache aplikasi yang mengakibatkan smartphone menjadi lemot.

Untuk mengatasinya, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Berikut tips mengatasi HP nge-lag berdasarkan beberapa sumber yang berhasil ruber.id rangkum.

Pertama, hindari menggunakan aplikasi secara bersamaan. Tutup aplikasi yang telah digunakan untuk membebaskan RAM.

BACA JUGA: Vivo V17 Pro, Cocok Banget Buat yang Senang Selfie

Menggunakan aplikasi secara bersamaan bisa mengganggu proses dan mengakibatkan loading menjadi lama karena tugas prosesor sebagai otaknya menjadi sangat berat.

BACA JUGA:  Sony Resmi Rilis PS5, Ini Penampakannya

Selain aplikasi itu sendiri, pemberitahuan dari aplikasi yang nggak penting juga perlu Anda nonaktifkan. Karena, itu memakan kerja prosesor yang nggak sedikit, belum lagi jika setiap aplikasi Anda aktifkan notifikasinya.

Selanjutnya, hapus cache atau data sampah yang nggak berguna secara berkala, bisa menggunakan aplikasi bawaan ataupun aplikasi pihak ketiga.

Terlalu banyak cache dari aplikasi-aplikasi tersebut bisa menjadi faktor yang memperlambat kerja HP. Ini juga biasa disebut dengan history jika pada browser.

Untuk membersihkannya, bisa dengan masuk ke pengaturan, lalu menuju storage atau penyimpanan, setelah itu Anda hanya menekan cache files atau cache data dan tekan OK untuk membersihkannya.

Anda juga bisa menggunakan aplikasi bawaan dari HP yang khusus digunakan sebagai cleaner. Atau bisa juga mengunduh aplikasi yang punya fungsi sama.

Banyak chat masuk juga bisa membuat HP lemot. Karena itu, Anda harus menghapus chat yang sekiranya tidak penting.

BACA JUGA:  Asyik! Harga Ponsel dengan Sensor Sidik Jari Bakal Lebih Terjangkau

Cara lainnya yakni hindari penggunaan widget yang berlebihan pada layar utama, pastikan hanya memasang widget yang benar-benar dibutuhkan saja.

Beberapa orang menghiasi smartphone mereka dengan berbagai widget untuk memperindah tampilan atau sekadar membuat kesan imut atau lucu di layarnya, padahal ini sangat menguras daya baterai dan memperlambat sistem di HP.

Selain widget, hindari juga penggunaan live wallpaper. Untuk apa HP keren tapi lemot. Lebih baik, pilih gambar yang sederhana dan memiliki ukuran sedang-sedang saja.

Anda sebaiknya juga mengatur sendiri tingkat kecerahan HP sesuai yang dibutuhkan. Karena terbiasa menggunakan auto brightness justru akan memperlambat kinerjanya.

Selanjutnya, cek kembali ketersediaan memori yang Anda miliki, jangan-jangan memang sudah penuh?

Nah, supaya HP tidak lemot dalam kinerjanya, setidaknya Anda memiliki banyak ruang penyimpanan yang tersisa, juga hindari dari berbagai data yang memiliki kapasitas besar dan tidak terlalu berguna.

BACA JUGA:  Samsung Galaxy A80 Edisi Blackpink Dijual Terbatas Mulai Hari Ini, Buruan Sebelum Kehabisan!

Anda bisa menghapus data foto, musik ataupun video yang memiliki ukuran cukup besar. Minimal batas kapasitas smartphone untuk menunjang performa adalah 20% dari kapasitas penyimpanan.

Artinya, jika Anda memiliki sebuah kapasitas pada smartphone sebesar 8GB, maka Anda harus menyediakan sekitar 1GB ruang kosong.

Apabila Anda membutuhkan banyak ruang untuk penyimpanan data, pasang saja memori eksternal jika memungkinkan. Tujuannya, untuk memberikan ruang kosong bagi perangkat smartphone, agar beban pada RAM berkurang.

Namun, jika ingin perbaikan cepat dan sederhana untuk HP yang lemot, restart  perangkat secara rutin.

Yang terakhir, selalu upgrade sistem operasi untuk meningkatkan dan memperbarui kembali kinerja HP Anda.

Jadi sudah jelas ya kenapa HP Anda bisa lemot dan bagaimana mengatasinya. Selamat mencoba! red

Related Articles

1 KOMENTAR

Comments are closed.

- Advertisement -

Latest Articles