Horeee, Jelang Lebaran Insentif Ketua RT/RW di Ciamis Naik 100%

  • Bagikan

CIAMIS, ruber — Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah, sebanyak 11.570 Ketua RT dan RW di Kabupaten Ciamis, semringah.

Pasalnya, tahun 2019 ini, Bupati Ciamis Herdiat Sunarya mengeluarkan kebijakan untuk menaikkan insentif tahunan naik 100%, dari sebelumnya Rp500.000 menjadi Rp1 juta.

Insentif itu cair dan akan diterima para ketua RT dan RW di Ciamis pada hari ini, Senin (27/5/2019).

“Alhamdulillah insentif tahun ini ada kenaikkan dari Rp500.000 jadi Rp1 juta. Terima kasih kepada Pemkab Ciamis yang telah memperhatikan RT dan RW. Lumayan buat belanja keperluan Lebaran,” ujar Ketua RT 03 RW 06 Dusun Majalaya, Desa Imbanagara Raya.

Dia berharap perhatian dari Pemkab Ciamis saat ini terus ditingkatkan. Ke depan, diharapkan insentif tidak hanya setiap satu tahun sekali, tapi sebulan sekali.

Sebab, sebagai ujung tombak pemerintahan, tentunya RT dan RW sangat butuh perhatian, salah satunya dari kesejahteraan.

“Kenaikkan insentif ini bisa menjadi motivasi bagi kami, RT/RW, dalam mengemban tugas kemasyarakatan,” ungkapnya.

Sementara, Bupati Ciamis Herdiat Sunarya menuturkan kenaikan insentif Ketua RT dan RW di tahun 2019 sebagai bentuk penghargaan atas dedikasi dan pengabdian mereka sebagai ujung tombak Pemkab Ciamis.

“Kami menyadari betul ketua RT/RW adalah kepanjangtangananan pemerintah yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. Tugasnya lebih berat, membantu jalannya pemerintahan dan menyosialisasikan program-program pemerintah,” ungkapnya.

Menurut Herdiat, kenaikkan ini tak seberapa dibanding dengan pengabdian para ketua RT/RW selama ini. Sedikitnya, insentif itu dapat bermanfaat dan dimanfaatkan sebagaimana mestinya.

Diharapkan, kenaikan insentif ini dapat memotivasi RT dan RW untuk terus meningkatkan perannya di masyarakat. Melayani masyarakat dan membantu meringankan tugas perangkat serta kepala desa.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Ciamis Lili Romli menambahkan, insentif untuk ketua RT dan RW dinaikkan atas kebijakan Bupati Ciamis Herdiat Sunarya.

Untuk memenuhi insentif itu, Pemkab Ciamis menggelontorkan anggaran lebih dari Rp11 miliar.

“Insentif ini setiap tahun akan dibagikan antara bulan Mei atau Juni. Kebetulan sudah dua tahun terakhir ini dibagikan menjelang hari raya Idul Fitri. Jadi bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan saat Lebaran,” tuturnya. dang

Foto: BUPATI Ciamis Herdiat Sunarya. dang/ruang berita
loading…


  • Bagikan